oleh

Siap Layani Masyarakat, Ratusan ASN Intan Jaya Apel Pagi

Intan Jaya, Radar Pagi – Pemkab Intan Jaya, Papua, menggelar apel pagi yang dihadiri para pejabat, seluruh OPD dan ASN. Kegiatan yang dipimpin Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni, SS, M.Si ini dihadiri sekitar 350 orang.

Apel pagi yang digelar di halaman Kantor Bupati Intan Jaya di Kota Sugapa, Rabu (19/2/2020) ini dimaksudkan untuk mempertegas kesiapan pegawai dalam melayani masyarakat.

Bupati dalam arahannya mengatakan beberapa hal, utamanya menyangkut kedisplinan kerja. Dia mengingatkan para ASN untuk aktif di kantor melaksakan tugas dengan mengacu pada tugas pokok.

Dia mengatakan, pimpinan OPD memiliki uraian tugas, sekretaris juga demikian. Eselon 3, kabid-kabid, kabag sampai eselon 4, masing-masing sudah terima uraian tugas yang harus diemban dan dijalankan. Para pimpinan, kata Bupati, juga harus mengenali siapa saja bawahannya.

“Contohnya, saya seorang kepala bidang, staf saya berapa? Di bawah saya kasubagnya berapa? Memiliki tugas apa? Namanya siapa? Pangkatnya berapa? Sampai terakhir keberadaannya di mana?” kata Bupati.

Dia pun menjelaskan struktur kerja di Pemkab Kabupaten. Kata Bupati, dalam struktur pekerjaan ada tingkatannya, yaitu Bupati urusannya ke Sekda. Sementara OPD dalam tugas sehari-hari dengan Sekda (pimpinan OPD harian). Dalam keadaan emergensi atau urgent barulah OPD bertemu dengan Bupati atau Wakil Bupati. “Tapi kalau tugas sehari-hari, staf urusannya dengan kepala seksi, lalu ke sekretaris kepala bidang dan seterusnya. Jadi tingkatan birokrasi ini harus dipahami,| tuturnya.

Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni, SS, M.Si mencoba mesin absen elektronik

Bupati tak lupa mengingatkan para ASN dan aparat keamanan untuk sama-sama menjaga ketertiban dan keamanan di Intan Jaya. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu suasana di sana sempat mencekam akibat adanya baku tembak antara TNI/Polri dengan TPN-OPM. Namun berkat   kehadiran Bupati bersama Forkopimda dan seluruh unsur masyarakat, termasuk tokoh-tokoh gereja, keadaan di Intan Jaya sekarang sudah kondusif dan kehidupan mulai berjalan normal.

“Masyarakat sudah menjadi tenang, juga  ASN sudah bekerja, dan pasar-pasar di pusat Kota Sugapa mulai ramai,” kata Bupati.

Pelayanan kepada masyarakat, kata Bupati, tidak boleh terganggu. Karena itu, untuk meningkatkan kedisiplinan, Pemkab Intan Jaya sudah memberlakukan absensi elektronik. Bahkan absensi elektronik ini dijadikan salah satu acuan untuk menilai kinerja ASN di lingkungan Pemkab Intan Jaya.

“Dalam waktu dekat juga akan diadakan pelantikan dan rolling jabatan. Karena itu, tidak ada lagi cerita ASN tidak ada di tempat karena berbagai alasan,” tegas Bupati. (Om Yan)

 

News Feed