oleh

Kurang Laku, Penumpang LRT Jakarta Hanya 4.000 Orang per Hari

Jakarta, Radar Pagi – Penumpang Light Rail Transit (LRT) Jakarta Velodrome-Kelapa Gading hanya rata rata mencapai 4.000 per hari sepanjang Januari 2020. Jumlah penumpang tertinggi hanya terjadi pada 18 Januari yakni mencapai 4.628 penumpang.

Meski demikian, dikutip dari Sindonews, jumlah ini masih jauh dari target sebanyak 14.000 penumpang per hari. Padahal saat masa uji coba, penumpang tembus rata-rata 7.000 orang per hari.

Manager Humas LRT Jakarta, Melisa Suciati, mengatakan, kenaikan penumpang pada Sabtu (18/1) itu kemungkinan merupakan dampak dari beberapa kegiatan yang berlangsung di sekitar stasiun LRT Jakarta, khususnya di Summarecon Mall Kelapa Gading. Seperti pertunjukan Akrobatik dan One Day Sale yang diselenggarakan oleh pihak mal.

Dalam upaya mendongkrak jumlah penumpang, PT LRT Jakarta telah melakukan penandatanganan kerja sama dengan pihak Summarecon Mall Kelapa Gading, dalam hal penyediaan area Park and Ride khusus untuk pelanggan LRT Jakarta dengan tarif plat sebesar Rp5.000.

“Hal ini merupakan salah satu upaya kami dalam meningkatkan fasilitas dan kenyamanan warga dalam mengakses transportasi publik,” ujar Mellisa, Kamis 6 Fabruari 2020.

Selain itu, PT LRT Jakarta juga masih mempelajari perkembangan trend pelanggan Januari dan Februari ini, sembari mempersiapkan agenda program kegiatan dan peningkatan fasilitas publik di stasiun untuk meningkatkan engagement pelanggan.

Berdasarkan data PT LRT Jakarta, penumpang LRT sejak beroperasi resmi 1 hingga 17 Desember 2019 tercatat sebanyak 74.184. Dengan rincian pekan pertama terdapat 31.433 orang, lalu pada pekan kedua 29.673 orang, dan pekan ketiga 13.081 orang.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan, penurunan ridership LRT memang terjadi pasca dinyatakan berbayar. Berdasarkan evaluasi sementara, penurunan penumpang LRT disebabkan oleh trase yang baru sekitar 5,8 kilometer dan coverage area juga terbatas. Sehingga masyarakat lebih memilih moda transportasi lain dalam bertransportasi.  (thm/red)

News Feed