oleh

Keluarga: Johny Indo Masuk Kristen Sebelum Meninggal

Tangerang, Radar Pagi – Mantan bintang film yang sempat malang melintang bersama gank Pacinko (Pasukan Cina Kota) merampok emas di berbagai tempat, Johny Indo akhirnya akan dimakamkan secara Islam di TPU Selapanjang Tanggerang, Banten pada Senin (27/1/2020).

Meski begitu, pihak keluarga mengakui bila Johny yang sudah puluhan tahun mualaf dan sempat jadi pendakwah itu sempat masuk Kristen lagi sebelum meninggal dunia.

Semula Johny yang keturunan Belanda dan punya nama asli Johanes Hubertus Eijkenboom ini akan dimakamkan secara Kristen, tetapi pihak keluarga akhirnya sepakat akan memakamkannya secara Islam.

Keluarga menuturkan, sebelum meninggal dunia, Johny sempat meminta maaf pada istri pertamanya, Stela Thia. Johny merasa bersalah lantaran sudah meninggalkan sang istri selama bertahun-tahun, terhitung sejak masuk Islam.

“Dia sudah minta maaf ke istri karena sudah ninggalin lama,” jelas cucu Johny, Santa saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (26/1/2020), dikutip dari detikcom.

Santa menegaskan sang kakek sudah kembali memeluk agama Kristen.

“Dia juga menyatakan ikut kita lagi secara rohani,” terang Santa lagi.

Istri pertama Johny tinggal di sebuah gereja di Tangerang. “Mungkin pas ngeliat hatinya langsung mau ngikut lagi dan menerima Tuhan Yesus,” terang Santa.

Santa menjelaskan, kakeknya sudah sekitar 8 bulan kembali tinggal bersama istri pertamanya itu.

Diketahui, Johny jatuh sakit saat masih berada di rumah istri keduanya, Dhian Kurnia. Dhian kemudian meminta Johny kembali ke istri pertamanya.

Santa juga menambahkan kondisi sang kakek memang menurun usai menjalankan operasi hernia.

“Kondisinya memang nggak sehat, sempat jatuh habis operasi dan sempat ditinggal anaknya pergi jadi nggak kelihatan dia mau ngapain terus jatuh. Dari situ sudah mulai sakit-sakitan, mungkin karena kondisi usia ya,” beber Santa lagi.

Menurut Santa, Johny menghembuskan napas terakhirnya di rumah saat keluarga akan beribadah bersama di gereja.

“Iya di rumah. “Tadi pagi pas mau dimandiin di rumah, napasnya mulai engap-engapan. Dipikir masuk angin, jadi dipijitin. Harusnya hari ini ibadah di gereja kan, karena kebetulan pagi kita dikabari bahwa menghembuskan napas terakhir otomatis nggak mengadakan ibadah,” jelasnya lagi.

Johny Indo adalah aktor senior yang sudah beberapa kali main film layar lebar. Di antaranya adalah ‘Johny Indo’, ‘Badai Jalanan’, ‘Langkah-langkah Pasti’, ‘Tembok Derita’, ‘Susuk’ hingga ‘Daerah Jagoan’ pernah dimainkannya. (dtc/red)

News Feed