oleh

Dubes China Akui Natuna Milik Indonesia

Jakarta, Radar Pagi – Duta Besar (Dubes) China untuk Indonesia, Xiao Qian, mengakui bila Natuna merupakan wilayah milik Indonesia.

“Natuna adalah milik Indonesia, China tidak pernah mempermasalahkan itu. China juga memiliki teritorial sendiri dan Indonesia pun tidak pernah mempermasalahkan itu,” kata Xiao di kompleks parlemen, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Namun dia mengakui  perselisihan sebenarnya adalah karena ada overlapping (tumpang tindih) area perairan. Hal ini dianggap berbeda dari perselisihan teritorial. Dengan demikian, Xiao mengatakan, masalah kemarin adalah masalah batas perairan, bukan sengketa wilayah/daerah.

“Dalam isu ini, kita punya pandangan sendiri, Indonesia juga punya pandangan sendiri. Kita punya pandangan berbeda, dan ini tidak masalah,” kata Xiao.

Dia memastikan dari pandangan yang berbeda tentang isu ini, China dan Indonesia akan membicarakan persoalan ini melalui dialog diplomatik. Di antaranya pembicaraan antara dubes dan menteri.

“Jadi isu ini tidak akan berimbas pada persaudaraan kita (Indonesia-China), saya berharap kita tetap dapat bekerja bersama, bahkan semakin dekat semakin kuat di antara China dan Indonesia,” kata Xiao. (yogie)

News Feed