oleh

Tokoh Muda Prihatin Pj. Kades Walakone Pecat Bawahan Tanpa Alasan Jelas 

SBB, Radar Pagi – Penjabat Kepala Desa Walakone Kecamatan Taniwel Timur Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku, Jonas Manakutty, memberhentikan Sekretarisnya Thomas Matapuly dan Kaur Keuangan Glen Kolaline dengan alasan yang tidak jelas. Pemberhentian berdasarkan Surat Keputusan Penjabat Kepala Desa Walakone, Nomor 140/01/ Tahun 2020.

Masyarakat Walakone pun dibuat bingung dengan adanya pemberhentian Sekdes Dan Kaur Keungangan oleh Penjabat Kades tersebut.

“Hal ini sangat tidak rasional tidak masuk akal sama sekali karena Sekretaris dan Juga Kaur Keuangan diberhentikan tanpa sebab dan juga dengan satu Nomor Surat yang sama, tetapi ada dua SK dan dikeluarkan dalam satu hari,” cetus George Patutetuy  salah satu tokoh muda Walakone kepada media ini, Selasa (21/1/2021).

Menurutnya, pemberhentian tersebut melanggar Permendagri Nomor 83 tahun 2015 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa. Karena mereka yang diberhentikan, tidak melanggar satupun ketentuan-ketentuan dari pasal-pasal yang telah diatur dalam permendagri.  Bahkan mereka diberhentikan tanpa sepengetahuan Camat Taniwel Timur.

“Saya juga sudah berkonsultasi dengan Camat Taniwel Timur. Camat menyatakan tidak ada pemberitahuan dan camat juga tidak tahu soal pergantian ini,” jelasnya.

Lanjutnya, masa kepemimpinan Penjabat Walakone telah berakhir pada 11 Desember 2019 dan dengan demikian, sementara ini belum ada pergantian maupun perpanjangan masa jabatan bagi yang bersangkutan.

“Masa jabatannya sudah berakhir, tapi kok yang  bersangkutan dapat mengeluarkan SK untuk pergantian perangkat desa? Ini sangat ironis dan melanggar aturan,” katanya.

“Harapan masyarakat, Pemerintah Daerah Seram Bagian Barat dapat melihat hal ini. Karena jika ini dibiarkan terus menerus maka akan menjadi momok bagi kehidupan pemerintahan di Seram Bagian Barat. Sehingga kiranya moto Kase Bae SBB Itu dapat diperhatikan Sampai ke desa-desa,” tutup George. (jabar)

News Feed