oleh

Toyota Sudah Jual 1,8 Juta Avanza di Indonesia

Jakarta, Radar Pagi – Toyota Astra Motor (TAM) mengumumkan pada Kamis (12/12) Avanza telah mencapai penjualan 1,8 juta unit sepanjang 16 tahun karier di Indonesia. Sepanjang sejarah otomotif Tanah Air, belum pernah ada satupun model mobil yang bisa menyentuh pencapaian itu.

Dilansir CNNIndonesia, Avanza resmi diperkenalkan pada 11 Desember 2013. Model ini dirancang menggunakan ramuan MPV tujuh penumpang Kijang namun dengan dimensi lebih kecil dan harganya lebih murah.

Avanza mewarisi bentuk bodi serba guna, ground clearance tinggi, dan penggerak roda belakang dari Kijang. Avanza dibekali mesin lebih kecil 1.500 cc buat mengakomodasi keiritan bahan bakar.

Avanza merupakan produk pertama kolaborasi manufaktur antara Toyota dan Daihatsu di Indonesia. Avanza dilahirkan di pabrik yang sama dengan Xenia, yakni di pabrik Astra Daihatsu Motor di Sunter, Jakarta Utara.

Kesuksesan Avanza lantas dilirik banyak produsen lain yang ikut menjual produk low MPV dengan berbagai variasi. Produk low MPV yang pernah dan masih dijual di dalam negeri, yaitu Suzuki APV, Mitsubishi Maven, Suzuki Ertiga, Mazda VX-1, Proton Exora, Honda Mobilio, Chevrolet Spin, Wuling Confero S, Nissan Evalia, dan Mitsubishi Xpander.

Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy menjelaskan satu tahun sebelum Avanza muncul, pasar low MPV sekitar 5 ribu unit. Setelah Avanza dirilis, pasar itu melonjak menjadi 80 ribuan unit pada 2014.

Fenomena Avanza bahkan sampai menggiring opini dunia bahwa Indonesia merupakan ‘negara MPV’. Pada 2013, total penjualan low MPV mencapai puncak dengan hasil 200 ribu unit.

TAM menjelaskan pada tahun ini Avanza yang digempur pesaing dari segala sisi mengalami pertumbuhan penjualan sebesar 6,9 persen dibanding tahun lalu. TAM mengatakan pertumbuhan Avanza terjadi walau pasar nasional drop 11 persen.

“Kami bersyukur Avanza tetap menjadi MPV pilihan masyarakat Indonesia selama 16 tahun terakhir, meskipun banyak pemain baru di segmen low MPV,” ucap Anton melalui keterangan resmi. (fea)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed