oleh

Kenali Penyebab dan Gejala Kanker Ginjal Seperti yang Diidap Vidi Aldiano

Jakarta, Radar Pagi – Penyanyi Vidi Aldiano (29) didiagnosa mengidap kanker ginjal sehingga perlu menjalani operasi di salah satu rumah sakit di Singapura pada, Jumat (13/13/2019). Lantas apa penyebab dan gejala penyakit kanker ginjal tersebut?

Kanker ginjal adalah penyakit yang terjadi ketika sel-sel sehat dalam satu atau kedua ginjal tumbuh di luar kendali dan membentuk benjolan atau tumor. Karsinoma sel ginjal adalah jenis kanker ginjal yang paling umum terjadi pada orang dewasa. Jenis ini paling sering dimulai di lapisan tabung kecil atau di tubulus ginjal yang berfungsi membersihkan darah dan mengeluarkan air seni.

Kanker ginjal sering menetap di dalam ginjal, tetapi dapat menyebar ke bagian tubuh lain, paling sering ke tulang, paru-paru, atau otak. Ada banyak jenis karsinoma sel ginjal. Jenis yang paling umum disebut karsinoma sel ginjal clear-cell, chromphobe, dan papiler.

Di awal pertumbuhan sel kanker, kanker ginjal sebagian besar tak bergejala sehingga penderita tidak akan tahu dirinya mengidap penyakit itu. Hingga akhirnya sel kanker tumbuh lebih besar dan barulah terasa gejalanya.

Karena itu, kanker ginjal termasuk kanker yang berbahaya lantaran penderitanya baru sadar ketika sel kanker sudah besar, hal ini tentu saja memperkecil resiko untuk sembuh.

Sebagian besar kanker ginjal yang ditemukan pada tahap awal justru ditemukan secara kebetulan ketika pasien sedang dites kesehatannya di laboratorium untuk keluhan penyakit  lainnya.

Gejala kanker ginjal akan semakin nyata bila tahapan kanker ginjal sudah semakin besar. Kanker ginjal sendiri memiliki 4 tahap yakni:

– Tahap 1: sel kanker sebesar 7 cm atau lebih kecil timbul di dalam ginjal.
– Tahap 2: sel kanker tumbuh lebih besar dari 7 cm.
– Tahap 3: sel kanker sudah menyebar ke setidaknya salah satu kelenjar getah bening di dekatnya, atau di pembuluh darah utama ginjal, atau meluas ke vena mayor atau jaringan perinefrik.
– Tahap 4: sel kanker telah menyebar ke organ lain, seperti usus, pankreas , atau paru-paru.

Ada sejumlah gejala kanker ginjal yang bisa Anda waspadai, antara lain:

– Urine berwarna merah muda karena mengandung darah.
– Teraba benjolan di area pinggang ke arah belakang.
– Hilang nafsu makan secara tiba-tiba.
– Rasa nyeri pada pinggang yang tak reda dalam waktu lama.
– Deman yang berlangsung selama 2 minggu lebih tanpa ada infeksi tenggorokan atau flu.
– Sering kelelahan tanpa sebab.
– Bengkak di pergelangan kaki.

Bila merasakan gejala-gejala tersebut, terutama saat merasa nyeri dan teraba benjolan pada sisi pinggang, segera lakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter.

Hingga kini penyebab kanker ginjal belum diketahui secara pasti. Tetapi ada faktor-faktor risiko yang diketahui memperbesar resiko seseorang terkena kanker ginjal.

Faktor risiko itu antara lain:

– Merokok

– Kelebihan berat badan (obesitas)

– Tekanan darah tinggi

– Berkelamin laki-laki

– Ras orang kulit hitam / Afrika (Bukan orang yang sekadar hitam warna kulitnya)

– Sebelumnya sudah memiliki riwayat sakit ginjal kronis lanjut (CKD)

– Sejarah keluarga pernah ada yang terkena kanker, terutama kanker ginjal

– Penggunaan jangka panjang dari obat penghilang rasa sakit

– Penyakit genetik langka tertentu, seperti penyakit von Hippel-Lindau, sindrom Birt Hogge Dube, dan lainnya.

– Paparan selama bertahun-tahun dengan asbes, kadmium, benzene (bensin), pelarut organik, atau herbisida dapat meningkatkan risiko.

 

Bila anda atau keluarga terkena kanker ginjal, sangat tidak dianjurkan untuk berobat alternatif. Kanker ginjal harus ditangani oleh beberapa ahli sekaligus, seperti ahli urologi, ahli onkologi medis atau radiasi, serta ahli bedah.

Ada beberapa jenis pengobatan untuk kanker ginjal. Dalam banyak kasus, operasi adalah langkah pertama untuk menyembuhkan kanker ginjal. Meskipun operasi mampu mengangkat seluruh sel kanker, perawatan lanjutan masih perlu dilakukan agar semua sel kanker benar-benar hilang. (red)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed