oleh

Puluhan Ular Kobra Serbu Royal Citayam Residence, Warga Panik

-Anehsiana-13 views

Bogor, Radar Pagi – Warga perumahan Royal Citayam Residence, Bogor, Desa Susukan,  Kecamatan Citayam, Kabupaten Bogor, Jawa Barat tiba-tiba panik melihat puluhan anak ular kobra berukuran 30 cm menyerbu pemukiman mereka. Maklum, meski masih bayi, namun bisa seekor anak kobra sudah cukup untuk membunuh ratusan orang dewasa.

Hewan buas itu ditemukan di genting dan mimbar musala yang ada di perumahan tersebut. Sebagian lagi ditemukan di sekitar area rumah warga. Entah apa penyebabnya, namun puluhan kobra itu diduga merasa terusik hingga keluar dari sarangnya.

Tak mau anggota keluarganya terancam, warga lantas mencari satu per satu keberadaan anak kobra tersebut. Mereka kemudian menangkapnya, dan menyerahkan ke komunitas reptil setempat.

Dari keterangan warga setempat, anak ular kobra pertama kali diketemukan pada Rabu 4 Desember 2019 silam, sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu, jumlahnya cuma 3 ekor.Ketiganya didapati sedang melintas di depan rumah seorang warga.

“3 ekor anak ular itu berhasil ditangkap warga,” kata Hari Cahyo Ketua Pagayuban Warga Perumahan Royal Citayam Residence, beberapa saat lalu.

Keesokan harinya, warga kembali digegerkan dengan penampakan 5 ekor anak ular berwarna hitam dan panjang 30 sentimeter di teras mushola dan halaman rumah warga.

Teror ular ini membuat warga ketakutan. Mereka khawatir anakan ular kobra yang diperkirakan berusia 2 bulan ini akan menyerang anak-anak ketika sedang bermain dan mengaji di mushola.

Warga kemudian berusaha mencari keberadaan induk kobra di beberapa lokasi yang ditengarai sebagai tempat bersarangnya anak termasuk induk ular kobra. dengan meminta bantuan petugas damkar dan komunitas reptil.

“Karena warga sudah resah, kami datangkan petugas Damkar dan dari komunitas reptil untuk memburu ular khususnya indukan,” kata Hari.

Meski membutuhkan waktu, namun sang induk akhirnya bisa ditangkap dan diamankan. selama lima hari terakhir,  warga telah menangkap sebanyak 29 ekor anak ular kobra dan induk mereka.

Puluhan ekor ular berbisa ini dibawa petugas Damkar dan komunitas reftil. Sebagian lainnya mati dibunuh oleh warga. Namun diduga masih ada lagi anak kobra lain yang belum ditemukan dan diperkirakan masih ada ular dewasa lain di sana.

Seorang animal rescuer, Rizki Maulana, menyebut seekor ular kobra betina bisa bertelur sampai 30 butir. Rizki memprediksi puluhan anak kobra yang meneror warga Royal Citayam Residence berasal dari dua induk, meskipun kemungkinannya kecil.

“(Seekor kobra betina biasanya menelurkan) 15-30 (butir). Makanya agak aneh nih, 29 ekor ini ketemu agak luar biasa, udah lumayan banyak,” kata Rizki di Royal Citayam Residence, Bojonggede, Bogor, Minggu (8/12/2019) kemarin.

Dia menyebut induk kobra sulit ditemukan. Sebab kobra dewasa menghindari manusia.

“Mereka (induk ular) instingnya lebih kuat. Mereka lebih takut sama manusia. Bahkan, kita korek satu lubang, kita korek-korek, mereka bisa aja cuma diam. Dia tahu, semakin mereka, dia keluar, semakin dia (induk ular) kena bahaya,” jelasnya. (heri)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed