oleh

Berpredikat Sekolah Adiwiyata Kabupaten, MIN 5 Sukoharjo Siap Maju ke Tingkat Provinsi

Sukoharjo, Radar Pagi – Sekolah dengan predikat Adiwiyata merupakan sekolah yang peduli dan telah mempunyai program pada pelestarian lingkungan. Pada tahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten Sukoharjo melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan seleksi ke beberapa sekolah dalam pengelolaan lingkungan di sekolahnya masing-masing. 

Pada seleksi yang dilakukan dari tingkat SD/MI dan SMP/MTs bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo, terdapat sepuluh sekolah yang berhasil meraih predikat sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten. Dari sepuluh sekolah yang dilakukan penilaian, terdapat tiga sekolah terbaik, yakni SMP Negeri 1 Gatak, SMP Negeri 1 Baki, dan MIN 5 Sukoharjo.

Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 merupakan satu-satunya wakil dari sekolah di lingkungan Kementerian Agama. Meskipun demikian, madrasah yang terletak di desa Grogol, kecamatan Weru berhasil menjadi tiga sekolah terbaik pada program Adiwiyata dan berhak mendapat piala penghargaan yang diserahkan langsung oleh Agustinus Setiyono selaku Kepala DLH Kabupaten Sukoharjo pada Rabu (4/12/2019) di Aula Kantor DLH Sukoharjo.

Pada kesempatan itu, Kepala MIN 5 Sukoharjo, Widodo, mengaku bangga dan bersyukur atas prestasi madrasah yang dipimpinnya masuk tiga sekolah terbaik pada seleksi sekolah adiwiyata tingkat Kabupaten Sukoharjo.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru, karyawan, komite madrasah, orang tua siswa, dan pemerintah desa Grogol yang telah bahu membahu mempersiapkan segala sesuatunya pada seleksi kemarin hingga bisa meraih predikat sekolah adiwiyata,” kata Widodo.

Lebih lanjut Widodo mengungkapkan bahwa setelah meraih prestasi tersebut madrasahnya bersiap maju seleksi sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2020.

“Kami akan melakukan update administrasi terbaru, menambah sumur resapan dan biopori untuk persiapan seleksi tingkat provinsi nanti,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan akan melakukan penghijauan pada lahan yang masih kosong dengan menambah tanaman serta meningkatkan kepedulian seluruh warga madrasah dalam pelestarian lingkungan. (prynt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed