oleh

Pulau Bali dan Pulau Komodo Masuk Destinasi Wisata Tak Layak Dikunjungi

Jakarta, Radar Pagi – Media wisata Amerika Serikat, Fodor’s Travel, baru saja merilis ‘ no list ‘ atau daftar destinasi wisata yang tidak layak dikunjungi. Dalam daftar yang selalu diperbaharui setiap tahun itu, ada 13 destinasi wisata yang tidak layak untuk dikunjungi. Pulau Bali dan Pulau Komodo masuk di dalamnya.

Masuknya Pulau Bali ke dalam daftar ‘no list’ memang sudah sewajarnya. Pulau yang paling banyak dikunjungi di Indonesia itu dinyatakan sudah dinyatakan sebagai ‘darurat sampah’ sejak 2017 karena jumlah plastik yang banyak ditemukan di sana, khususnya di wilayah pantai dan perairan.

Fodor’s juga menyebut bahwa petani lokal di Bali kekurangan air sebagai akibat pembangunan yang berfokus pada wisata.

Sementara masuknya Pulau Komodo ke dalam daftar lebih dikarenakan keprihatinan Fodor’s terhadap rusaknya ekosistem pulau tersebut karena terlalu banyak dikunjungi turis yang ingin melihat keberadaan kadal raksasa.

Pemerintah Indonesia sendiri telah mempertimbangkan untuk menutup pulau yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO itu selama satu tahun penuh, guna melindungi jenis kadal yang sama.

Fodor’s memgakui Pulau Komodo sebagai pulau yang eksotis. Namun menyayangkan harga destinasi wisata yang terlalu murah. Mereka menyarankan Indonesia untuk menaikkan biaya bagi para turis.

Selain Pulau Bali dan Pulau Komodo yang masing-masing menempati urutan teratas dalam daftar destinasi wisata tidak layak dikunjungi, Angkor Wat di Kamboja dan Hanoi Train Street di Vietnam juga masuk dalam daftar.

Situs Warisan Dunia UNESCO Angkor Wat dinilai menjadi rusak karena terlalu banyak disentuh pengunjung dan jalanan di sekitarnya pun menjadi licin sehingga membahayakan. Sedangkan berjubelnya Hanoi Train Street menyebabkan kamecetan di sekitar lokasi serta menyebabkan keterlambatan kereta. Bahkan, pernah ada sebuah rangkaian kereta harus berhenti secara darurat gara-gara banyaknya wisatawan yang hendak berfoto di rel.

Berikut daftar ‘no list’ selengkapnya.

  1. Pulau Bali
  2. Pulau Komodo
  3. Pantai Barceloneta, Spanyol
  4. Angkor Wat, Kamboja
  5. Hanoi Train Street
  6. Gunung Matterhorn, Swis
  7. Konservasi Laut Nasional Florida Keys dan Parque Nacional Arrecifes de Cozumel, Meksiko
  8. Taman Nasional Galapagos, Ekuador
  9. Resor di Meksiko dan Amerika Tengah
  10. Tempat menunggang gajah di berbagai negara.

Sekadar catatan, tempat menunggang gajah masuk dalam daftar lantaran sebuah studi baru-baru ini menemukan lebih dari 1.300 gajah di 118 tempat menderita dalam kondisi mengerikan. Gajah tersebut terpisah dari keluarga mereka, terluka dari alat tajam, dirantai pada malam hari dan tidak diberi makan makanan bergizi. (maria)

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed