oleh

Awas! Berbahaya Ngecas Ponsel di Tempat Umum

-Lifestyle-10 views

Jakarta, Radar Pagi – Saat baterai ponsel menipis di luar rumah, terkadang membuat kita merasa gelisah, apalagi bila tidak menemukan stop kontak yang dapat dipinjam. Untungnya, beberapa tempat umum seperti mall punya fasilitas pengisi daya ponsel gratis. Tapi, tunggu dulu. Jangan langsung colokin kabel ponsel ke sembarang tempat. Kita harus tahu tempat mana yang tepat, karena kalau salah tempat, bisa berbahaya!

Dikutip dari sindonews, ahli keamanan IBM menyebut, penjahat cyber memakai lubang USB di bandara, stasiun, atau tempat umum lainnya buat mencuri data pribadi dari ponsel yang tersangkut.

Mereka memodifikasi lubang USB di tempat umum dengan memakai perangkat lunak khusus, jadi gampang buat mencuri data pribadi penggunanya. Tidak cuma mencuri, mereka juga bisa mengakses kamera depan ponsel dan melihat segala aktivitas kita di depan ponsel!

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh staff laboratorium Kaspersky pada tahun 2016, proses pencurian data oleh penjahat cyber cuma memakan waktu tiga menit. Padahal yang dicuri tidak sekadar foto atau file di ponsel, tapi juga sampai membobol rekening!

Lalu bagaimana caranya supaya data kita selamat? Kita bisa memakai power bank hingga membawa kabel data/kabel USB dan kepala charger sendiri, jangan gunakan kabel data yang disediakan oleh penyedia fasilitas. Power bank-nya sendiri bila habis tidak mengapa dicas di fasilitas pengisian batere gratis, karena power bank tidak menyimpan data. Sementara kabel data yang kita bawa pun sebaiknya kabel data yang hanya menyalurkan listrik untuk mengisi batere, bukan kabel data yang bisa digunakan untuk menghantarkan data. (udi/red)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed