oleh

DPRD Kota Malang Desak Perbaikan Jembatan Muhartono Awal 2020

Malang, Radar Pagi – Meskipun anggaran pembenahan Jembatan Muhartono tidak ditetapkan dalam APBD Kota Malang 2020 karena keburu didok, namun perbaikan kondisi jembatan yang sudah kritis itu akan terus diupayakan. Ditargetkan segera dibenahi awal 2020 mendatang.

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika, menegaskan salah satunya dengan melakukan evaluasi terhadap anggaran Malang Creative Cretre (MCC) yang sampai saat ini belum mempunyai engineering design (DED).

Anggaran MCC itu jika evaluasi disetujui, sebagian akan dialihkan untuk pembangunan jembatan Muharto, setelah berkonsultasi lebih dulu ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Kami targetkan awal 2020 sudah dibangun karena kondisi sudah sangat mendesak, bagaiamana pun Jembatan Muharto harus menjadi skala prioritas,” katanya kepada Radar Pagi, Senin (18/11/2019).

Dia pun menyampaikan, sebelumnya ada rencana pembangunan penyangga untuk jembatan dengan menggunakan dana insidentil sebesar Rp 3 miliar. Namun dewan mengevaluasi usulan tersebut untuk dapat dilakukan pembangunan secara total tahun 2020.

“Kalau pakai dana insidentil Rp 3 miliar, itu hanya bertahan satu tahun. Kan sayang banget kalau menggunakan APBD sebesar itu tapi sifatnya sementara. Kalau bisa dibangun total, ya sudah bangun total saja,” ucapnya.

Lanjut  Made menyampaikan, kondisi kerusakan Jembatan Muharto yang baru diketahui saat APBD telah ditetapkan cukup memprihatinkan. Sehingga dia berharap agar pemerintah lebih teliti lagi saat melakukan pengawasan dan pemeliharaan jembatan serta jalan.

Salah satunya dengan melibatkan para ahli untuk terjun langsung ke lapangan dan mengetahui kondisi sebenarnya. Sehingga ada upaya melakukan pencegahan lebih dini yang sifatnya jauh lebih efektif.

“Pencegahan lebih penting ketimbang diketahui saat sudah rusak parah. Dinas terkait saya rasa pasti ada dana pemeliharaan untuk itu. Dana pemeliharaan kan nggak melulu benahi jalan dan jembatan saja, tapi juga bisa untuk dilakukan pengawasan,” tutup Made. (Med)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed