oleh

Presiden Iran Umumkan Temuan Ladang Minyak Baru Seluas 2.400 Km di Khuzestan

Teheran, Radar Pagi – Presiden Iran Hassan Rouhani mengumumkan penemuan ladang minyak baru seluas 2.400 kilometer persegi di sebelah barat daya Iran, Provinsi Khuzestan.

Cadangan minyak mentah di sana diperkirakan mencapai 53 miliar barel. Penemuan tersebut bakal mengerek cadangan minyak Iran hingga sepertiga.

“Ini merupakan hadiah kecil dari pemerintah kepada rakyat Iran,” kata Hassan Rouhani dalam pidato yang disiarkan di stasiun TV setempat, dikutip dari AFP, Senin (11/11/2019).

Dia menyebut lapangan tersebut memiliki kedalaman hingga 80 meter penemuan tersebut akan meningkat cadangan terbukti minyak Iran sekitar 34 persen.

Sebelumnya, Iran juga sudah menemukan cadangan gas baru. Wakil Direktur Pelaksana Perusahaan Minyak Nasional Iran, Reza Dehghan dalam konferensi pers Oktober kemarin mengumunkan cadangan gas alam baru itu dapat memproduksi hampir 400 juta barel kondensat gas, yang dari produksi tersebut bisa menghasilkan total US$ 40 miliar (Rp 565 triliun).

Ladang gas alam bernama Eram itu terletak di dekat Teluk Persia, di provinsi barat daya Fars, dan menampung sekitar 19 triliun kaki kubik gas.

“Kami memiliki potensi untuk mengidentifikasi lebih banyak cadangan minyak dan gas yang belum ditemukan (di negara itu), dengan menggunakan teknik eksplorasi geofisika dan pengeboran penemuan, dan pasti akan menambah kekayaan nasional Iran,” kata Reza Dehghan.

Dua penemuan dalam waktu berdekatan ini datang pada saat yang tepat bagi Iran. Pasalnya kini Iran menderita secara ekonomi di bawah serangkaian sanksi AS, yang memaksa negara itu untuk membatasi program nuklirnya. (yon)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed