oleh

Yuk, Jalan-jalan ke ‘Dapur’ Dinas Rahasia Jerman

Berlin, Radar Pagi  – Penasaran ingin tahu bagaimana bentuk ‘dapur’ dinas rahasia sebuah negara?

Dinas rahasia Jerman, BND (Bundesnachrichtendienst), membuka sebuah museum di dekat Natural History Museum di Berlin, berisi   lebih dari 120 objek pameran mengenai dunia spionase.

Di sini, pengunjung dibuat tertarik dengan pendekatan interaktif dan multimedia yang ultramodern. Yang menjadi pusat atraksi adalah dinding LED sebesar 72 meter persegi yang membuat ruangan terlihat seperti planetarium.

Panorama tiga dimensi yang kebiruan, berkilauan, dengan titik-titik dan garis-garis cerah dirancang untuk memicu imajinasi.

Pengunjung dapat secara lebih dekat melihat alat-alat klasik yang dipakai di dunia spionase. Beberapa barang terlihat seperti baru saja keluar dari film James Bond tahun 1970-an. Salah satu yang dipamerkan adalah sepatu yang terlihat biasa tapi bagian tumitnya dapat dilepas dan memiliki lubang yang bisa dipakai untuk menyembunyikan sesuatu.

Pameran BND yang meliputi area seluas lebih dari 400 meter persegi ini sangat profesional dan informatif. Pengunjung bisa mendapatkan informasi tentang dasar hukum pekerjaan dinas rahasia dan siapa yang mengendalikannya.

Pameran ini juga mencakup sistem rudal portabel yang digunakan di zona perang dan dikenal sebagai MANPADS. Selain itu, ada juga jaket pelampung seukuran anak-anak yang disesuaikan untuk dipakai di laut lepas, yang mengingatkan orang tentang apa yang terjadi setiap hari di rute pengungsi di Mediterania.

Lampu sorot juga menerangi gambar stereotip seorang agen rahasia yang dikelilingi para perempuan cantik. Poster yang sedikit dimodifikasi dari poster film “Spy Today, Die Tomorrow” yang dibintangi oleh Lex Barker dan Maria Perschy ini seolah ingin menunjukkan bahwa BND tidak ragu mengolok-olok diri sendiri.

Rompi bunuh diri

Meski BND berusaha mengurangi kesan seram lewat pameran ini, namun dinas rahasia memang berbahaya sehingga tidak bisa lantas dianggap enteng.

Rompi bunuh diri yang juga dipamerkan adalah bukti nyata bahwa personel BND terkadang mempertaruhkan hidup mereka. Bila tertangkap, daripada disiksa hingga terpaksa membocorkan rahasia negara, lebih baik meledakkan diri sendiri dengan rompi itu.

Beragam hal unik dan misteri yang selama ini tidak diketahui orang dijamin dibuka di sini. Salah satu ruang yang paling dirahasiakan adalah “Signal Intelligence Control Room” dapat dilihat oleh pengunjung. Di ruang inilah agen BND menerima data dari jutaan alat penyadap yang disebar di seluruh negeri.

Di sini pengunjung juga baru menyadari bahwa untuk menjaga kompleks BND dari orang-orang yang tidak diundang, dinas rahasia Jerman  menggunakan anjing penjaga. Sekilas memang tidak ada yang aneh, tapi tahukah anda bahwa para anjing itu punya jadwal kerja tetap yang disusun dan dipajang di dinding persis jadwal kerja manusia?

Anda juga akan diajak melihat ruang kerja para agen rahasia Jerman. Ternyata meski kerap digambarkan sebagai sekelompok mahluk misterius berjas dan berkacamata hitam, agen BND tetap manusia biasa. Beberapa agen rahasia mendekorasi ruang kerjanya yang bernuansa abu-abu dengan barang-barang pribadi, termasuk memajang foto-foto orang yang dicintai. Bahkan ada poster Elvis Presley terpajang di dinding.

Siapa pun yang ingin melihat pameran ini harus merencanakannya jauh-jauh hari. Untuk alasan keamanan, pameran ini hanya terbuka bagi grup yang telah mendaftar. Untuk jangka panjang, agensi tersebut berencana mengubah kebijakannya agar orang dapat sesuka hati mengunjungi pameran seperti yang bisa mereka lakukan di Natural History Museum. (dw/red)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed