oleh

Siapa Rika Santoso yang Jadi Rektor Termuda di Indonesia?

Jakarta, Radar Pagi – Nama Risa Santoso tiba-tiba viral di dunia maya setelah menjabat rektor termuda di Indonesia dalam usia 27 tahun.

Dia mengalahkan rekor rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), Riki Saputra, yang menjadi rektor pada umur 36 tahun. Riki mulai jadi Rektor pada Februari 2019.

Perempuan cantik ini resmi dilantik menjadi rektor di Institut Teknologi & Bisnis Asia Malang pada 2 November 2019.

“Tanggal 2 November 2019 kemarin Institut Asia memiliki rektor muda cantik bernama Risa Santoso, BA., MA. Ed, rektor termuda di Indonesia dengan banyak sekali pengalaman dan memiliki latar belakang yang menarik. Fan selamat atas dilantiknya Risa Santoso, BA., MA. Ed sebagai rektor Institut Asia Malang,” tulis akun Instagram BEM Asia Malang.

Sementara Risa mengaku terhormat dengan jabatan yang dipercayakan oleh pihak yayasan, kepada dirinya itu.”Saya merasa terhormat, jadi rektor lumayan muda,” ujarnya berdasarkan wawancara channel resmi Youtube ITB Asia Malang.

Menjadi rektor termuda, Risa ingin membuat sejumlah program yang lebih spesifik. “Jadi nanti anak-anak tahu, setelah lulus mereka mau ngapain,” katanya.

Harapannya, kata Risa, alumni Institut ASIA Malang dapat menjadi generasi Pasti yakni, Profesionak, Active, Smart, Tangguh & Innovatif, mampu memenangkan persaingan di dunia kerja, bahkan bisa menciptakan lapangan kerja di persaingan era Digital Industry 4.0 ini.

Terkait viralnya dia di media sosial sebagai rektor termuda, dia mengatakan hal tersebut ada positif dan negatifnya.”Semoga saja ini bermanfaat untuk kampus, itu saja harapannya,” pungkasnya.

Siapa dia sebenarnya?

Risa Santoso lahir di Surabaya, 27 Oktober 1992. Dia lulusan S1 University of California, Amerika Serikat. Di kampus ini, dia mengambil jurusan ekonomi.

Selanjutnya, dia lulusan S2 Harvard University jurusan pendidikan melalui beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Dia pun tercatat pernah mengikuti beragam pelatihan kerja dan semasa di kuliah.
Risa Santoso pernah menjadi anak magang di Perguruan Tinggi Asia, Malang selama tiga bulan.

Selain itu dia juga pernah mengikuti program menjadi tutor ekonomi, matematika dan statistik di Diablo Valley College.

Dia juga pernah bekerja di Kantor Staf Presiden sebagai Tenaga Ahli Muda. Ia bekerja di Kantor Staf Presiden ini selama 1 tahun 7 bulan dari Agustus 2015 sampai Februari 2017.

Sebelum akhirnya terpilih sebagai rektor di Institut Teknologi & Bisnis Asia Malang, Risa sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pengembangan di sana. (dari berbagai sumber)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed