oleh

Kopi Pahit Bisa Kurangi Resiko Kanker Hati

Jakarta, Radar Pagi – Kopi memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, mulai dari menurunkan kadar gula darah, asam urat hingga menghindai penyakit jantung. Penelitian terbaru kini membuktikan bahwa kopi juga bermanfaat untuk mencegah kanker hati.

Tapi jangan buru-buru gembira dulu. Agar kopi memiliki manfaat positif bagi kesehatan, syaratnya harus minum kopi tanpa tambahan gula, susu, atau krim. Dengan kata lain, kopi hanya bermanfaat bagi kesehatan bila yang diminum adalah kopi pahit.

Penelitian telah lama membuktikan bahwa minum kopi manis seperti kebanyakan penikmat kopi di dunia, termasuk Indonesia, justru memperbesar resiko terkena penyakit, mulai kencing manis, stroke, darah tinggi, jantung, liver, obesitas, insomnia, dll.

Minum kopi juga tidak boleh di pagi hari saat lambung masih kosong karena bisa merusak pencernaan. Bila ingin menikmati kopi di pagi hari, tunggulah sampai usai sarapan.

Apalagi bila bangun tidur langsung minum kopi, itu sangat dilarang, meski kopi pahit sekalipun. Minuman terbaik saat bangun tidur adalah air putih yang akan menghidrasi tubuh dan membantu membuang segala racun dari dalam tubuh.

Kembali ke manfaat kopi pahit untuk mencegah kanker hati, penelitian terbaru memperlihatkan bukti bila minum kopi pahit mengurangi setengah risiko kanker hati.

Dikutip dari Daily Mail, biji kopi mengandung polifenol yang dapat menghentikan pembelahan sel kanker.

Para peneliti dari Queen’s University Belfast mengamati hampir setengah juta orang, di antaranya lebih dari tiga perempat yang meminum kopi.

Mereka 50 persen lebih rendah kemungkinan didiagnosis dengan karsinoma hepatoseluler, yang merupakan sembilan dari sepuluh kasus kanker hati.

Dr Una McMenamin, dari Queen’s, mengatakan: “Temuan kami meyakinkan dan menyarankan orang untuk minum kopi yang memiliki manfaat bagi kesehatan.”

Sementara itu, peneliti utama, Kim Tu Tran mengatakan: “Orang dengan kebiasaan minum kopi dapat menjaga kesehatan mereka. Itu karena kopi mengandung antioksidan dan kafein, yang dapat melindungi dari kanker,” katanya.

“Namun minum kopi tidak melindungi kanker hati seperti berhenti merokok, mengurangi alkohol atau menurunkan berat badan,” tambahnya.

Maksudnya, untuk mencegah terkena kanker hati, jauh lebih efektif menghentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol, juga menjaga berat badan agar berada dalam batas normal.

Para peneliti melacak 365.157 peminum kopi, dan lebih dari 100.000 orang yang tidak minum kopi, dan lebih dari tujuh setengah tahun menggunakan catatan kanker nasional.

Pada waktu itu 88 orang didiagnosis dengan bentuk kanker hati yang paling umum, yang meningkat di Inggris.

Risiko 50 persen lebih rendah untuk peminum kopi dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi.

Risiko hanya turun 13 persen untuk setiap cangkir yang diminum setiap hari, jika mereka minum kopi tapi tetap minum alkohol atau minum minuman berenergi.

Untuk mendapatkan manfaat kopi, cukup minum 1-2 cangkir sehari. Tapi ingat ya, hanya kopi pahit yang bermanfaat bagi kesehatan. Jadi jangan tambahkan susu, krim atau pemanis apapun ke dalam kopi anda. (maria)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed