oleh

Belajar Lewat Youtube Antar Aurel Juara Olimpiade Matematika

Sukoharjo, Radar Pagi –  Pesatnya perkembangan teknologi membuat semua orang bisa mendapatkan beragam informasi dengan mudah. Pemanfaatan internet yang tidak terkontrol bisa berdampak negatif  namun tidak sedikit yang justru bisa dimanfaatkan secara positif. Salah satunya yaitu pemanfaatan internet untuk sarana belajar seperti yang dilakukan Griselda Dzakirah Aurellia.

Putri dari pasangan Dandun Wicoro dan Indri Purwiyati yang biasa dipanggil Aurel ini memanfaatkan media youtube untuk mengakses berbagai jenis pembelajaran matematika termasuk soal-soal olimpiade yang terdapat pembahasannya.

Ditemui di sekolahnya pada Sabtu (1/11/2019), anak yang gemar makan nasi goreng tersebut mengatakan bahwa ia sangat suka hitung-hitungan sejak dari TK.

“Sejak saya senang sekali berhitung dan penasaran Jika belum ketemu jawabannya, Bunda mengikutkan saya les matematika,” katanya dengan manja.

Dia juga menambahkan bahwa berbagai lomba telah diikuti baik tingkat regional, nasional, bahkan internasional.

“Beberapa hari kemarin ikut Thailand International Mathematics Olympiad untuk regional Solo Raya dan Alhamdulillah meraih medali perunggu,” imbuh siswi kelas 3 MIN 2 Sukoharjo ini.

Aurel sebelumnya juga meraih medali perak Hong Kong Mathematics Olympiad dan medali perunggu Olimpiade Sasmo.

Di tempat yang sama, ibu Aurel, Indri Purwiyati mengungkapkan bahwa sebenarnya penggunaan handphone di rumah sangat dibatasi untuk Aurel yaitu hanya hari minggu saja. Meskipun demikian setiap hari minggu justru kesempatan yang ada sering digunakan untuk membuka yuotube.

“Awalnya kami kira yang diakses film atau lagu dari youtube, ternyata belajar materi matematika yang ada soal olimpiade dan pembahasannya,” ungkapnya.

Dia juga menyatakan bahwa Aurel setiap hari belajar matematika meskipun tidak ada jadwal pelajaran di sekolah. “Ketika melihat begitu besar minatnya di bidang matematika, kami kemudian mengikutkan bimbingan belajar matematika khususnya materi olimpiade juga,” imbuhnya.

Sementara itu, Zainu Khirwahyudi selaku wali kelas Aurel di sekolah ketika ditemui di tempat kerjanya mengaku bangga dengan prestasi anak didiknya tersebut. Menurutnya tidak hanya matematika saja yang dikuasai anak tersebut, namun berbagai pelajaran mempunyai prestasi yang lebih dibanding siswa lainnya.

“Sejak saya menjadi wali kelasnya, saya sudah merasa bahwa Aurel mempunyai bakat dibidang sains dan tahfidz. Daya nalarnya sangat tinggi sehingga ketika ada materi yang sekiranya membingungkan, dia pasti langsung maju ke depan untuk minta penjelasan secara rinci,” ujar Zainu.

Lebih lanjut Zainu menambahkan bahwa bakat Aurel di bidang matematika masih bisa dikembangkan untuk bisa lebih optimal lagi dengan bimbingan yang rutin baik di sekolah maupun di rumah.

“Kebetulan di sekolah kami mempunyai klub matematika yang bisa digunakan untuk mengasah kemampuannya supaya prestasinya terus meningkat,” katanya menutup pembicaraan. (Pry)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed