oleh

Rusia Berharap RI Akuisisi Pembelian Jet Tempur SU-35

Jakarta, Radar Pagi – Pada Agustus 2017 silam, pemerintah Indonesia berniat membeli 11 unit jet tempur Su-35 dengan harga sekitar USD1,14 miliar. Sistem pembayarannya barter dengan hasil pertanian Indonesia, terutama kopi. Dengan sistem pembayaran tersebut, jet tempur itu sempat diplesetkan sebagai “jet tempur rasa kopi”.

Rusia berharap keputusan mengenai implementasi kontrak pengiriman 11 unit jet tempur Su-35 ke Indonesia segera dibuat karena sampai sekarang tidak ada kejelasan mengenai kelanjutannya.

“Kami berharap untuk melaksanakan kontrak di masa mendatang. Semoga keputusan penerapan kontrak akan dibuat,” kata Direktur Layanan Kerjasama Militer-Teknik Rusia Dmitry Shugayev, dikutip dari media Rusia, Sputniknews, Minggu (20/10/2019).

Pihak Rusia menduga ancaman Amerika Serikat (AS) terhadap Angkatan Udara Indonesia jika nekat membeli pesawat jet tempur Su-35 membuat pemerintah jadi ragu untuk mengakuisisi pesawat tempur tersebut.

“Kemarin saya berbicara dengan Kepala Angkatan Udara Indonesia dan dia menyebutkan CAATSA, hukum AS,” kata Direktur Kerjasama Internasional dan Kebijakan Regional Rostec Rusia, Victor Kladov.

CAATSA adalah Countering America’s Adversaries Through Sanctions Act, sebuah undang-undang AS yang mengamanatkan penjatuhan sanksi terhadap negara-negara yang membeli senjata dari Rusia, Korea Utara dan Iran.

“Saya mengerti mereka (Indonesia) menerima ancaman. Mereka tergantung tidak hanya pada peralatan Rusia, mereka tergantung pada sebagian besar peralatan buatan AS. Jika sebagai tindakan hukuman, katakanlah, pabrikan Amerika berhenti memasok suku cadang, berhenti mendukung peralatan buatan Amerika, maka akan ada pelanggaran keamanan di pertahanan nasional di Indonesia. Jadi, mereka sangat berhati-hati,” jelas Kladov.

Militer Indonesia yang menjaga hubungan baik dengan AS dan Rusia sejauh ini belum berkomentar terkait masalah tersebut. (yon)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed