oleh

BEM UI Kecewa Jokowi Tidak Singgung Masalah HAM dan Korupsi dalam Pidatonya

Jakarta, Radar Pagi – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) kecewa Presiden Jokowi tidak menyinggung isu pemberantasan korupsi dalam pidato pertama usai dilantik sebagai Presiden RI 2019-2024.

Ketua BEM UI Manik Marganamahendra mengatakan Jokowi tidak menyebutkan HAM serta masalah korupsi. Padahal isu tersebut sudah santer disebut-sebut sejak September kemarin

Kondisi itu, kata Manik, semakin menguatkan narasi yang dibawa mahasiswa dalam setiap aksinya, yaitu reformasi dikorupsi. Karena itu mahasiswa akan terus menyampaikan tuntutan dalam setiap aksi demonstrasi.

“Ini adalah awal dari periode kepengurusan Bapak Presiden kita, tapi ini juga bukan akhir dari bentuk pengawalan mahasiswa dan masyarakat untuk sama-sama mengawal dan menjadi mitra kritis bagi pemerintah untuk terus membentuk gerakan yang baik,” kata Manik usai aksi mahasiswa BEM SI di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2019).

Manik juga menilai larangan untuk menyampaikan pendapat di depan istana sama saja membatasi demokrasi.

“Kami ingin menyampaikan kekecewaan kami terhadap represifitas aparat yang masih saja berlaku dan masih saja gerakan mahasiswa diintimidasi untuk tidak maju dan menyampaikan aspirasinya di depan istana. Bahwa ini kami rasa adalah sebuah pembatasan ruang publik untuk berbicara dan berdemokrasi,” kata Manik.

Polisi memang membuat barikade dengan kawat berduri di Jalan Medan Merdeka Barat, tepatnya di depan Kemenko Polhukam. Hal itu membuat mahasiswa tidak bisa menyampaikan pendapatnya di depan Istana Merdeka. (yogie)

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed