oleh

Yogurt Bisa Bantu Atasi Insomnia

Jakarta, Radar Pagi – Sulit tidur atau insomnia kerap dialami siapa saja dari beragam tingkatan usia.

Jika insomnia hanya sesekali dialami, biasanya tidak menimbulkan gangguan berarti. Namun bila insomnia sudah sangat parah, terjadio berhari-hari bahkan berbulan-bulan, maka lambat laun bisa mengganggu kesehatan.

Insomnia bisa menyebabkan rasa lelah di pagi hari, lesu, mudah marah, depresi, kecemasan, sulit konsentrasi, sakit kepala, hingga masalah pencernaan. Yang terparah, insomnia pada akhirnya bisa mengganggu kesehatan jantung dan meningkatkan tekanan darah sehingga menambah resiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Untuk mengobati insomnia yang sudah sangat parah sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter. Namun bila insomnia anda masih tergolong ringan, ada banyak bahan makanan yang bisa membantu tidur anda lebih nyenyak. Satu di antaranya adalah yoghurt.

Alasan pertama, yogurt kaya akan tryptophan sehingga tepat untuk dikonsumsi sebelum tidur. Tryptophan merupakan asam amino yang digunakan tubuh untuk memproduksi serotonin dan melatonin, yakni senyawa kimia otak yang bisa memicu rasa kantuk dan rileks.

Biasanya orang memilih untuk meminum segelas susu hangat sebelum tidur, namun yogurt yang tidak mengandung laktosa bisa memudahkan mereka yang mengidap intoleransi laktosa dan selain itu yogurt lebih mudah untuk dicerna.

Akan tetapi, pilihlah yogurt tawar yang tidak mengandung gula, karena gula bisa mempengaruhi kadar gula darah yang malah melawan efek tryptophan dalam tubuh. Alih-alih bukannya mengantuk, anda malah merasa segar bertenaga bila minum yoghurt yang mengandung banyak gula.

Bila anda tidak bisa mendapatkan yogurt asli dengan rasa tawar, maka carilah yoghurt dengan kandungan gula serendah mungkin. Agar rasanya enak bisa ditambah buah, namun sedikit saja karena buah rata-rata juga kaya gula.

 

Yang paling tepat adalah untuk mengombinasikan karbohidrat kompleks dengan protein. Karena kombinasi tersebut dapat membantu membersihkan asam amino dari darah dan membantu tryptophan mencapai otak secara cepat dan efisien. Kombinasikan yogurt dengan granola atau makan dengan roti gandum, atau oatmeal.

Yogurt juga mengandung probiotik, bakteri sehat yang bisa membantu kesehatan pencernaan, sehingga mengonsumsinya sebelum tidur dapat membantu anda tidur nyenyak sekaligus mengurangi gejala masalah pencernaan seperti asam lambung yang disebabkan insomnia. (maria)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed