oleh

Fanolo Laoli Buka Bursa Inovasi Desa Tingkat Kecamatan Sogaeadu

Nias, Radar Pagi – Mewakili Bupati Nias, Fanolo Laoli selaku Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Nias, Sumatera Utara, secara resmi membuka pelaksanaan Bursa Inovasi Desa Tahun 2019 Tingkat Kecamatan Sogaeadu yang Bertempat di Aula Rapat Kantor Kecamatan Sogaeadu Kabupaten Nias, Jumat (18/10/2019).

Dalam sambutannya, Fanolo Laoli mengatakan sangat dibutuhkan keseriusan Kepala Desa, BPD dan unsur masyarakat di Kecamatan Sogaeadu untuk memanfaatkan acara Bursa Inovasi Desa guna melihat potensi dan kendala yang dialami masyarakat desa.

“Kami berharap pemerintah desa dapat melihat potensi-potensi desa yang dapat dikembangkan sehingga Inovasi itu dapat menjawab kebutuhan masyarakat dan meningkatkan Pendapatan Asli Desa,” katanya.

Fanolo juga menekankan agar pemerintah desa dapat mengidentifikasi potensi dan inovasi yang dikembangkannya melalui pendekatan Analisis SWOT. Agar kelak Inovasi ini tidak mentok begitu saja.

Sementara Camat Sogaeadu Eliman Mendrofa, mengajak pemerintah desa agar dapat berinovasi utamanya di bidang pertanian, mengingat sebagian besar wilayah Kecamatan Sogaeadu adalah wilayah pertanian.

Sedangkan Berkati Ndraha selaku Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif P3MD Kabupaten Nias yang turut hadir dalam acara ini berharap inovasi tidak hanya sekadar menjadi imajinasi dan narasi, namun inovasi mesti diimplementasikan.

“Ayo para kepala desa, teman-teman pendamping, saatnya kita semua action berkreasi agar kelak desa-desa kita dapat berprestasi,” ujarnya.

Acara Bursa Inovasi Desa yang dihadiri juga oleh OPD dan perwakilan perempuan diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama untuk mereplikasi Bursa Inovasi Desa Tahun 2019. (BN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed