oleh

Ternyata Banyak ASN Tidak Suka Pancasila

Jakarta, Radar Pagi – Bekerja pada pemerintah dan mendapatkan gaji dari yang berasal dari uang rakyat, memang tidak serta merta membuat Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) mendukung pemerintah dan menghargai masyarakat.

Sudah bukan rahasia lagi misalnya, bila ada oknum PNS yang bermuka masam bahkan bersikap ketus saat melayani masyarakat. Bahkan tak jarang mereka berusaha mempersulit suatu urusan demi mendapatkan duit pelicin dari warga yang ingin urusannya cepat selesai.

Tidak terkecuali ASN. Lebih parah lagi ternyata banyak ASN tidak menyukai Pancasila.

“Berdasarkan hasil riset beberapa lembaga itu kan temen-temen di ASN itu banyak yang tidak suka dengan Pancasila,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Hariyono,  di Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Menurut dia kondisi demikian merupakan tantangan. Pasalnya, pendidikan Pancasila sejak 1998 hingga 2016 cukup memprihatinkan lantaran tidak wajib diajarkan di pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.

“Ini kan tantangan. Demikian pula pengarusutamaan Pancasila di lingkungan publik termasuk di pemerintahan itu juga relatif kurang,” imbuhnya.

Hariyono menganggap fenomena ASN tidak menyukai Pancasila sangat lucu. Mereka semestinya memegang teguh ideologi bangsa karena merupakan abdi negara.

“Kan lucu kalau sebagai aparatur negara kemudian dia sendiri tidak setuju dengan Pancasila karena Pancasila sebagai sebuah dasar negara itu sudah final tapi kalau Pancasila sebagai sebuah cita-cita bangsa itu belum final. Makanya kita perjuangkan bersama-sama,” pungkasnya. (viktor)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed