oleh

Mazda 3 Versi Balap Siap Luncur 2020

Jakarta, Radar Pagi – Mazda baru-baru ini memperkenalkan versi kencang dari hatchback Mazda3 dengan nama Mazda3 TCR. Namun mobil ini bukan dibuat untuk jalan raya, melainkan untuk turut serta di ajang touring car, demikian dilansir motor1.

Didesain sesuai peraturan balap touring TCR, mobil ini pun dapat turut serta dalam 36 kejuaraan yang menggunakan regulasi TCR di seluruh dunia. Dirancang oleh pusat desain Mazda di Irvine, California, Amerika Serikat, mobil ini sendiri dirakit dan dikembangkan oleh tim Long Road Racing yang juga membuat mobil untuk seri balapan MX-5 Cup di Amerika Serikat.

Eksterior mobil ini mengalami berbagai ubahan. Salah satu ubahan paling terlihat dari sayap besar di bagian belakang untuk menambah downforce. Di bagian samping, mobil ini juga mendapat tambahan ventilasi udara yang berguna mendinginkan rem. Selain itu mobil ini juga mendapat tambahan diffuser di bagian bumper belakang dengan letak knalpot yang kini berpindah ke bagian tengah.

Bagian kaki-kaki sendiri ditunjang pelek merek Rays sebesar 18 inci dengan ban Michelin Pilot. Untuk menyempurnakan handling, mobil ini menggunakan suspensi merk Bilstein atau Ohlins. Sementara sistem pengereman diganti dengan merek Brembo.

Soal mesin, digunakan mesin 2 liter 4 silinder dengan turbo yang mampu digeber hingga 7.000 rpm. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 350 dk dengan torsi 490 nm. Sebagai penyalur tenaga ke roda depan, ada pilihan transmisi 6 percepatan manual sekuensial dari Sadev atau Xtrac. Dengan mesin tersebut, Mazda3 TCR mampu berlari hingga kecepatan 241 km/jam.

Mazda3 TCR dipastikan akan turun dalam kejuaraan IMSA Michelin Pilot Challenge musim 2020 dan akan memulai debutnya pada balap ketahanan Rolex 24 yang digelar di Sirkuit Daytona, Amerika Serikat pada 26 Januari. Pada gelaran tersebut mobil ini akan dikemudikan oleh Bryan Ruiz, pembalap asal Puerto Rico yang menjadi juara seri balap Global MX-5 Cup musim ini.

Mengenai harga, Mazda belum memberi banderol pasti dari pesaing VW Golf TCR ini. Namun melihat batas tertinggi mobil TCR berada di angka 130 ribu Euro atau sekitar 2 milyar rupiah, maka harga mobil ini dipastikan tak akan melewati angka tersebut. (muf/ozc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed