oleh

Tidak Peduli Derita Rakyat, Penjabat Kades Seruawan Diberhentikan 

Jakarta, Radar Pagi – Dianggap kurang tanggap dalam melakukan pelayanan dan penanganan terhadap masyarakatnya terlebih pada pasca gempa bumi yang mengguncang SBB pada (26/9/2019) silam, Penjabat Kepala Desa (Kades) Seruawan Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Hengky Pentury diberhentikan dengan hormat oleh Bupati M. Yasin Payapo.

Selanjutnya, posisi penjabat kades yang kosong langsung diisi oleh Julius A. Pentury. Proses pengangkatan, pelantikan dan pengambilan sumpah Julius selaku Penjabat Kades yang baru dilakukan berdasarkan Keputusan Bupati SBB Nomor 141-503 tahun 2019.

Pelantikan dilakukan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten SBB Moksin Pellu di ruang kerjanya  pada Selasa (8/10/2019), dengan disaksikan oleh staf Dinas PMD SBB dan Rohaniwan gereja (Pendeta).

Atas nama Bupati SBB, Moksin Pellu mengatakan alasan pergantian penjabat lama yang terbilang tiba-tiba ini dikarenakan penjabat kades yang lama dinilai tidak responsif terhadap kondisi masyarakat yang masih dalam kondisi syok akibat gempa bumi.

 

Sementara itu, Julius A. Pentury setelah dilantik mengatakan, “Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjalankan tugas dan amanat, serta tanggungjawab yang telah dipercayakan kepada saya, terutama dalam melihat kondisi masyarakat Seruawan yang saat ini masih berada di tempat-tempat pengungsian.”

Selanjutnya Julius mengimbau masyarakat Desa Seruawan agar jangan terprovokasi dengan isu-isu yang menyesatkan terkait tsunami. Tapi yang harus dipercaya adalah data dan informasi dari lembaga resmi dalam hal ini BMKG.

“Selain itu, melihat kondisi dan kebutuhan masyarakat di lokasi pengungsian, tugas pokok lain yang harus saya jalankan sebagai Penjabat Kades yaitu melaksanakan hak, wewenang, dan kewajiban Kepala Desa,  serta memfasilitasi pelaksanaan pemilihan Kepala Desa,” katanya. (jabar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed