oleh

Bebas, Adaptasi Film Korea yang Lagi Hot di Bioskop Indonesia

Jakarta, Radar Pagi – Pecinta film nasional sedang dimanjakan dengan kehadiran film Bebas yang merupakan adaptasi film Korea Selatan berjudul Sunny. Film ini rilis mulai Kamis 3 Oktober 2019 kemarin.

Ada beberapa perbedaan dalam kedua film, versi asli Korea maupun adaptasinya saat ini. Dalam versi Indonesianya, setting waktu berada pada era 90-an. Sedangkan pada versi Sunny, latar waktu sekitar tahun 1987-an.

Perbedaan Bebas dengan Sunny yang lain terletak pada komposisi para pemain utama. Dalam Sunny satu geng berisi enam perempuan, dalam versi Bebas, ada satu laki-laki dan lima perempuan.

Soal hak cipta tidak ada masalah, karena film yang masuk jajaran box office di Korea ini resmi diberikan pihak CJ Entertainment (studio produksi Korea Selatan) kepada Mira Lesmana untuk dibuatkan versi Indonesianya.

“Mereka bilang film (Bebas) ini harus menjadi film Indonesia,” kata Mira, beberapa saat lalu.

Dalam pembuatannya, Mira yang berperan sebagai produser bersama tim produksi berburu tempat-tempat yang masih mempertahankan gaya-gaya lama.

“Kami hunting lokasi, seperti di Blok M, Melawai, ada sudut-sudut menarik, lalu kawasan Kota (Tua). Rumah-rumah juga yang kira-kira di era tahun 90-an,” katanya.

Pengambilan gambar film Bebas totalnya dilakukan di 30 titik lokasi. Salah satunya adalah MRT Jakarta.

Karena bersetting era 90-an, tentu saja sejumlah lagu popular pada masa itu akan mewarnai film ini. Untuk urusan pemilihan soundtrack, Mira turun langsung ikut mendengarkan dan memilih.

Masa produksi film yang disutradari Riri Riza ini memakan waktu sekitar satu tahun. Enam bulan di antaranya sebagai waktu latihan para pemain, yang antara lain Sheryl Sheinafia, Maizura, dan Agatha Pricilla.

Pertemanan Masa SMA

Bebas bercerita tentang pertemanan di masa SMA. Hanya saja, mereka harus terpisah satu sama lain dan bertemu kembali setelah berbagai cara ditempuh.

Dikisahkan Vina (Maizuri) murid pindahan dari SMA di Jawa Barat ke sebuah SMA di Jakarta. Pada hari pertamanya, Vina menjadi bahan lelucon teman sekolah karena logat bicaranya yang medok Sunda. Dia juga mendapat intimidasi dari salah satu cowok di sekolah. Untungnya datang sekelompok gang sekolah yang menolong Vina.

Anggota gang bernama Bebas ini yaitu Kris (Sheryl Sheinafia) sang pemimpin, Jessica (Agatha Pricilla) yang lucu dan terobsesi akan kecantikan, Gina (Zulfa Maharani) anak terkaya di grup, Suci (Luthesha) perempuan cantik dan misterius, serta Jojo (Baskara Mahendra) cowok satu-satunya.

Selain menolong, gang ini juga memasukkan Vina menjadi anggotanya. Pertemanan itu membuat Vina cukup cepat dalam beradaptasi. Sayangnya, beberapa waktu setelah itu ada kejadian yang membuat mereka harus terpisah.

Berpuluh tahun kemudian, Vina dewasa (Marsha Timothy) tanpa sengaja bertemu dengan Kris dewasa (Susan Bachtiar) di rumah sakit. Kris mengidap penyakit yang membuat hidupnya divonis tidak akan lama. Keadaan itu membuat Kris meminta kepada Vina untuk mengumpulkan kembali gang masa sekolahnya. Dia ingin bertemu untuk terakhir kalinya.

Perjalanan menemukan sahabat lama, Jessica (Indy Barends), Jojo (Baim Wong), Gina (Widi Mulia) dan Suci ini mengantar Vina kembali menyusuri kisah lamanya. (yon)

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed