oleh

TNI Terbangkan 3.100 Pengungsi Wamena dengan Hercules

Jakarta, Radar Pagi – TNI mengevakuasi 3.100 pengungsi dari Wamena menuju tempat aman di Jayapura. Ribuan pengungsi itu diangkut menggunakan pesawat Hercules milik TNI.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan pesawat Hercules tak hanya mengangkut para pengungsi, tapi juga membawa bantuan kebutuhan bagi para pengungsi.

“Kurang lebih sudah kita angkut hampir 3.100 dan termasuk membantu bantuan kebutuhan untuk masyarakat di Wamena kurang kebih 74 ton kita kirim dari masyarakat dan CSR,” ujar Hadi di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin (30/9/2019).

TNI juga telah menyiapkan satu kapal RS KRI Subarso untuk membantu pertolongan medis bagi warga pendatang yang masih berada di Wamena.

“Dengan tenaga medisnya dengan kemampuan sepsialis patah tulang, luka bakar, dan luka benda-benda tumpul, sampai saat ini sudah beberapa kali operasi, termasuk patah dari korban yang kita bawa dari Wamena dan kita turun kan menuju Jayapura,” tuturnya.

Dia menjelaskan para pengungsi yang telah tiba di Jayapura, langsung dikoordinasikan dengan Pangdam 17 Cendrawasih untuk didata dan setelah itu dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing di luar Papua.

Namun pengungsi yang diterbangkan hanyalah kaum ibu dan anak anak, sementara pria dan remaja untuk sementara diharapkan tetap tinggal di Wamena karena keberadaan pendatang seperti mereka bisa menggerakkan roda ekonomi di Papua.

“Keamanan di Wamena kita jaga karena di sana kita tempatkan pasukan TNI untuk dukung kepolisian,” ujar Hadi. (yon)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed