oleh

Cokelat Panas Ternyata Bisa Cegah Diabetes

Jakarta, Radar Pagi – Biasanya untuk mencegah timbulnya penyakit diabetes atau kencing manis, kita disarankan menghindari makanan atau minuman manis. Tapi anjuran itu tidak berlaku untuk minuman yang terbuat dari cokelat panas.  Jika diminum dengan takaran yang tepat, cokelat panas justru bisa mencegah diabetes.

Sebuah penelitian dari Italia yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa kandungan antioksidan flavonoid dalam cokelat secara signifikan mampu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga dapat menurunkan risiko diabetes dan menjaga peredaran darah lancar. Dengan demikian, cokelat panas juga berpotensi mencegah timbulnya bermacam penyakit lainnya yang berhubungan dengan sirkulasi darah.

Dalam penelitian itu disebutkan bubuk cokelat yang digunakan untuk membuat minuman cokelat panas mampu meningkatkan perlindungan vaskuler (pembuluh darah) dan meningkatkan metabolisme tubuh yang baik sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga tekanan darah yang sehat.

Bahkan susu yang dicampurkan ke dalam cokelat panas juga mendukung manfaat sehat cokelat panas. Jika susu ditambahkan dalam cokelat panas, maka kandungan vitamin D dan kalsium dalam susu akan menambah kemampuan cokelat dalam mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2.

Namun agar minuman cokelat panas bisa bermanfaat untuk mencegah penyakit ternyata ada aturannya. Pertama, dilarang keras menambahkan gula atau pemanis lainnya ke dalam cokelat panas yang memang sudah manis. Kedua, bila ditambahkan susu maka susu yang digunakan adalah susu cair murni tanpa tambahan gula, jadi bukan susu kental manis. Ketiga, agar minuman cokelat panas bisa bermanfaat bagi kesehatan dan tidak menyebabkan timbulnya penyakit, maka takarannya adalah satu cangkir sehari, tidak boleh lebih. (maria)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed