oleh

Kejati Maluku: Korupsi Lebih Baik Dicegah Daripada Ditangani

Maluku, Radar Pagi – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Maluku, Triyono Haryanto, meresmikan Gedung Kejaksaan Negeri Seram Bagian Barat (SBB) di Piru, pada Kamis (19/9/2019) kemarin. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kejati Maluku dan Wakil Bupati SBB didampingi seluruh undangan.

Ucapan terima kasih disampaikan Kejati Maluku kepada Pemerintah Kabupaten SBB, karena sudah menghibahkan lahan dan sekaligus membangun Gedung Kantor Kejari SBB. “Pembangunan seperti ini apabila tidak ditunjang oleh pemerintah daerah, maka agak sulit karena anggaran yang diberikan oleh pemerintah kepada kejaksaan sangat minim. Dengan demikian, atas nama pribadi dan Kejati Maluku sekaligus mewakili Kejaksaan Agung, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten SBB, yang sudah membantu membangun gedung yang cukup megah ini,” kata Kajati.

Menurutnya, pihaknya telah mencanangkan program pencegahan dalam proses pemberantasan korupsi di Maluku. “Korupsi lebih baik dicegah terkebih dulu daripada korupsi itu telah terjadi baru diambil langkah penanganan. Korupsinya 50 juta, tapi biaya penanganan kasusnya sampai 200 juta, dengan demikian negara dirugikan dua kali,” cetusnya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati SBB Timotius Akerina dalam sambutannya mengatakan, dengan diresmikannya gedung dan sarana perkantoran Kejaksaan Negeri SBB sangat membantu masyarakat dalam proses penegakkan hukum dan peradilan. “Semoga dengan keberadaan sarana dan prasarana penunjang perkantoran ini dapat meningkatkan semangat dan etos kerja lembaga penegak hukum. Karena dalam dinamika sosial kemasyarakatan dan penyelenggaraan pemerintahan maupun pembangunan tidak terlepas dari berbagai persoalan hukum, baik pidana maupun perdata,” ucap Wakil Bupati.

Hadir pula dalam kegiatan ini Wakil Ketua DPRD SBB Mustafa Naser, Sekda SBB H. Mansur Tuharea, Kakandepag SBB, Kepala Lapas Klas II B Piru Saiful, Pabung Kodim Persiapan SBB Mayor. Inf D. Mado, Kapolres SBB AKBP Bayu Tarida Butar Butar.SIK, Danki Brimob SBB Iptu Supriyadi, Kejari SBB Sugih Carvallo,   Kepala Pengadilan Dataran Hunipopu Johanis Mallo, Forkopimda SBB, para pimpinan OPD SBB, Camat Seram Barat Ronny Salenussa, Ketua Ikatan Adiyaksa (ISD) Maluku,  tamu undangan lainnya dan hadir Juga Mantan Bupati SBB Jacobus Puttileihalat. (jabar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed