oleh

Cegah Dampak Kabut Asap, Pokjaluh Kemenag Indragiri Hulu Bagikan Ribuan Masker

-Kesehatan-71 views

Rengat, Radar Pagi – Penyuluh Agama yang tergabung dalam Pokjaluh Kementerian Agama Kabupaten Indragiri Hulu, Jumat (13/9/2014), menggelar aksi tanggap kabut asap di tiga titik strategis yakni di Simpang Tugu Patin, KUA Kecamatan Kuala Cenaku dan di depan Danau raja.

Pokjaluh kemenag Inhu mendistribusikan 5.000 masker kepada masyarakat secara gratis. Aksi ini dilakukan mengingat kualitas udara semakin mengkhawatirkan dan tidak sehat lagi hingga sangat mengganggu aktifitas masyarakat di luar rumah.

“Masyarakat harus menggunakan masker agar terhindar dari penyakit yang disebabkan kabut asap dari lahan dan hutan yang terbakar,” ujar Ketua Pokjaluh  Abdul Basit, S.Ag di sela kesibukannya membagikan masker kepada masyarakat di Kota Rengat.

“Masker yang dibagikan merupakan sumbangan para penyuluh agama Pokjaluh,” ungkap Basit.

Selain memberikan masker secara gratis, Abdul Basit menyampaikan arahan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Indragiri Hulu, Abdul Karim, agar masyarakat tidak melakukan pembakaran sampah di lingkungan Kantor mau pun di rumah.

Abdul Karim saat dikonfirmasi via telepon membenarkan imbauan tersebut. Tujuannya untuk mengurangi pencemaran udara.

“Asap yang sudah ada jangan ditambah lagi. Kita harus berupaya, setidaknya tidak melakukan pembakaran. Walau pun itu cuma sampah. Bayangkan saja, sendainya setiap rumah melakukan pembakaran, tentu asap semakin menebal,” ujarnya.

Dia menyebutkan, kebakaran hutan dan lahan menimbulkan dampak terhadap kerusakan lingkungan, tidak hanya sekedar musnahnya ekosistem, tapi kabut asap yang ditimbulkannya dapat merusak kehidupan, termasuk anak-anak bangsa sebagai generasi penerus.

“Saat ini, sekolah-sekolah diliburkan. Berapa kerugian anak-anak yang bersekolah? Ini harus difikirkan, jangan sampai kabut asap ini berlangsung lama. Semoga dalam waktu dekat doa kita semua terkabul. Hujan segera mengguyur Riau” harapnya. (IM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed