oleh

Luhut: Cina Tak Satupun Relokasi Pabrik ke Indonesia

Jakarta, Radar Pagi –  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Indonesia tidak ada relokasi pabrik dari China karena dari 33 industri China yang relokasi itu, 23 relokasi ke Vietnam, sisanya ke negara-negara ASEAN, tapi tak satupun ke Indonesia.

“World Bank menyampaikan, dari 33 industri China yang relokasi, itu 23 relokasi ke Vietnam, yang 10 itu terpencar di negara-negara ASEAN lain seperti Kamboja, Myanmar, Thailand, Malaysia, tidak satupun di Indonesia,” kata Luhut di Jakarta, Rabu (4/9).

Menurut Luhut, tidak diliriknya Indonesia sebagai negara untuk relokasi memperlihatkan Indonesia masih kalah saing dibanding negara tetangga.

“Persoalan itu harus segera dibenahi soal investasi masuk ke Indonesia yang kalah saing dengan negara tetangga,” katanya.

Caranya, sambung Luhut, dengan menyederhanakan peraturan dan reformasi perpajakan agar investor lebih tenang untuk berinvestasi.

“World Bank memang memberi penilaian Indonesia masih dalam keadaan baik. Tapi kita tidak bisa gembira begitu saja, karena harus tetap hati-hati terhadap keadaan global ekonomi yang sedang tak menentu,” tegas Luhut. (maria)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed