oleh

Danlanal Nias Lepas Kontingen Pramuka Saka Bahari

Nias Selatan, Radar Pagi – Komandan Pangkalan (Danlanal) Nias Letkol Laut Jan Lucky Boy Siburian didampingi Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, dan sejumlah  perwakilan unsur Forkopimda Nisel, melepas kontingen Saka Bahari binaan Lanal Nias untuk mengikuti Pelayaran Lingkar Nusantara ke-9 (Pelantara) Tahun 2019.

Pelepasan dilakukan di Pendopo Bupati Nisel, Jalan Pancasila, Telukdalam, Sabtu, (31/8/2019).

Pengiriman 11 orang kontingen dan 1 Pembimbing pramuka Saka bahari yang direkrut dari berbagai Siswa-Siswi SLTA di Nias Selatan, yakni dalam rangka memeriahkan pelaksanaan Sail Nias 2019 dimana Pangkalan TNI AL Nias ikut berpartisipasi pada  kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara-9 (Pelantara-9) Tahun 2019.

“Kegiatan Pelantara-9 itu juga bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan para peserta dan mendidik/melatih kedisiplinan, memperkenalkan budaya Nusantara serta mensosialisasikan tentang TNI AL,”  tutur Danlanal.

“Disamping itu, juga melatih peserta untuk memiliki jiwa dan kepribadian baik, berjiwa sosial tinggi serta berkepribadian sesuai norma-norma sebagaimana termuat dalam Pancasila,” sambungnya.

Danlanal yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Saka Bahari Lanal Nias menjelaskan, kegiatan Pelantara-9 Tahun 2019,  akan berlangsung selama 20 hari dimulai tanggal 2 September sampai 22 September 2019 dengan menggunakan KRI Tanjung Kambani-971 dengan rute pelayaran dari Jakarta-Sibolga-Nias-Lampung dan berakhir di Jakarta.

Danlanal berharap agar para peserta usai mengikuti kegiatan tersebut dapat mengimplementasikan atau menerapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga terbentuk sumber daya manusia yang tinggi dan berguna bagi diri sendiri serta bagi orang tua, agama dan bagi bangsa Indonesia.

Ia berpesan agar seluruh Peserta Kontingen Pramuka Saka Bahari selalu menjaga kesehatan, keselamatan selama berada di KRI.

“Ikuti semua aturan  selama mengikuti Pelayaran terutama pada saat berada di KRI dan ikuti Tata tertib kegiatan Pelantara-9 tahun 2019,”  pungkasnya.

Sementara itu,  Bupati Nisel Hilarius Duha  selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Nias Selatan juga menyampaikan pesan  agar para Siswa/Siswi menjaga kesehatan, keselamatan dan menjaga nama baik pribadi, Saka Bahari Lanal Nias serta nama baik Nias secara umum.

Turut hadir saat itu, Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Ndruru, Sekretaris Kwarcab gerakan Pramuka Nisel, Danramil 12 /Telukdalam Kapten Inf. P. By Sihombing, Kepala Pembimbing Saka Bahari Lanal Nias, Kapten Laut (KH) Umar dan para orang tua peserta. (Wilson)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed