oleh

Peserta Surfing Nias Pro 2019 QS 3000 Lampaui Target

-Olahraga-94 views

Nias Selatan, Radar Pagi – Sejak pendaftaran dibuka melalui laman website World Surf League (WSL) pada 25 Juli 2019 silam, jumlah peserta kontes surfing skala international Nias Pro 2019 QS 3000 telah melampau target.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga (Budparpora) Kabupaten Nias Selatan (Nisel) Anggraeni Dachi mengatakan sebelumnya panitia menargetkan pendaftar hanya 75 orang, namun naiknya grade Qualifying Series dari sebelumnya 1000 menjadi 3000 ternyata menarik minat banyak peselancar untuk mendaftar.

“Hingga penutupan, peserta yang telah mendaftar mencapai 129 orang. Itu menunjukkan bahwa even ini menarik perhatian dan juga penting bagi para peselancar profesional internasional,” papar Anggreani Dachi kepada sejumlah wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (29/8/2019) kemarin.

Diungkapkannya, jumlah peserta yang 129 tersebut berasal dari 15 negara yakni dari Hawaii, Australia, Portugal, Jepang, Venezuela, USA, Perancis, Afrika Selatan, Argentina, Chile, Brazil, Spanyol, New Zealand, Peru, dan Indonesia. Khusus yang mewakili Indonesia, ada juga beberapa surfer lokal yang berasal dari Nias Selatan.

Para peserta surfing dibagi dalam dua bagian, untuk peserta Man/Pria diikuti 104 (luar negeri 88 orang dan 16 orang dalamn) pada Qualifying Series (QS) 3000, dan untuk kelas Women/Wanita diikuti 25 orang (luar negeri 19 orang dan 6 orang dalam  negeri) pada Qualifying Series (QS) 1000.

Anggreani menjelaskan, Nias Pro 2019 adalah sebuah kontes surfing bertaraf internasional yang diagendakan setiap tahun oleh Pemerintah Daerah Nias Selatan. Kontes itu pertama kali diadakan pada 2018 di Pantai Sorake. Kontes yang sama pada tahun ini akan diadakan di pantai itu juga pada 10 – 15 September 2019.

“Even ini sangat penting untuk kemajuan pariwisata Kabupaten Nias Selatan. Selain dapat meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat, juga memiliki media value yang tinggi sehingga semakin mengukuhkan Pantai Sorake sebagai destinasi wisata kelas dunia,” jelas Anggreani.

Liga Surfing  Nias Pro 2019 pada tahun ini digelar sebagai bagian dari rangkaian penguatan kegiatan Nasional Sail Nias 2019 yang berlangsung pada 3 – 16 September 2019, dimana Kabupaten Nias Selatan menjadi tuan rumah.

Acara puncak Sail Nias 2019 akan dilaksanakan di Kota Telukdalam, tepatnya di Pelabuhan Baru pada 14 September 2019. Pada acara puncak tersebut, Presiden Joko widodo dipastikan akan hadir dan diagendakan untuk menerima gelar adat yang rencananya akan dilakukan di desa cagar budaya nasional, Desa Bawömataluo. (Wilson)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed