oleh

Bupati Intan Jaya: Alokasi Anggaran Tahun 2020 Harus Sesuai Skala Prioritas

Intan Jaya, Radar Pagi – Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni, SS, M.Si, melalui Sekda Intan Jaya menegaskan bila pengalokasian anggaran tahun 2020 harus benar-benar dilakukan sesuai skala prioritas.

“Program prioritas adalah program yang sudah disepakati secara politik dengan lembaga legislatif yang tertuang dalam dokumen RPJMD. Dengan harapan, tidak ada lagi perangkat daerah yang mengusulkan program baru di tengah jalan,” kata Bupati sebagaimana disampaikan lewat Sekda.

Bupati menjelaskan, bila di tengah jalan muncul usulan program baru, maka usulan tersebut akan ditelaah oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah berdasarkan pertimbangan teknis dan administratif berdasarkan RPJMD, Rentsra dan dokumen pendukung lainnya.

Bupati juga meminta kepada BP4D agar tidak terjadi duplikasi program/kegiatan dalam penyusunan RKPD, KUA dan PPAS tahun 2020.

“Program/kegiatan semua harus berdasarkan kewenangan, tugas pokok dan fungsi serta kemampuan keuangan daerah,” ujarnya.

Bupati juga mengaku terkejut mendengar laporan dari Kepala BP4D bahwa nilai usulan program/kegiatan tahun 2020 sebesar Rp1,4 triliun yang melebihi kemampuan keuangan Pemkab Intan Jaya.

Bupati menegaskan anggaran yang disusun harus serealistis mungkin sesuai dengan kemampuan keuangan, karena sumber-sumber pendapatan asli daerah Intan Jaya tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan, bahkan cenderung menurun.

“Padahal kebutuhan belanja kita semakin tahun semakin besar, terutama belanja pegawai yang terus mengalami peningkatan yang disebabkan oleh penerimaan pegawai, pemekaran perangkat daerah serta kenaikan pangkat ASN,” kata Bupati. (Om Yan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed