oleh

Gencar Bangun Jalan, Pemkab Intan Jaya Butuh Dukungan APBN

Intan Jaya, Radar Pagi – Pemkab Intan Jaya terus berupaya membangun jalan ke sejumlah kabupaten tetangga untuk memberikan akses bagi masyarakat. Untuk pembukaan jalan, Pemkab mengeluarkan biaya Rp5,1 miliar dan untuk peningkatan jalan hingga pengaspalan menghabiskan dana Rp10,1 miliar yang semuanya bersumber dari APBD.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Dinas PUR) Kabupaten Intan Jaya Bheny G. Lekatompessy mengatakan, Pemkab berusaha keras membangun jalan untuk membuka keterisoliran masyarakat akibat minimnya akses transportasi darat.

“Selama ini dari satu kampung ke kampung lainnya banyak yang bergantung pada transportasi udara karena kalau ditempuh dengan berjalan kaki menembus hutan bisa berhari-hari. Selain itu, harga barang-barang kebutuhan sangat mahal. Harga barang di Intan Jaya termahal kedua setelah Ilaga, karena semua barang hanya bisa diangkut kemari dengan pesawat berbadan kecil,” ujar Bheny, Rabu (21/8/2019).

Lanjut Bheny, untuk saat ini Pemkab Intan Jaya sudah melakukan pengaspalan jalan di seputar ibukota kabupaten sepanjang 10 Km. Lalu saat ini juga sedang dibangun jalan dari Agisiga ke Waropen, bagian selatan dibangun jalan dari Ugimba – Cartenz menuju Kabupaten Timika.

“Sedangkan di bagian barat dari Mbiandoga juga dibangun jalan ke Bayabiru dan selanjutnya menuju Km 100 Distrik Siriwo Kabupaten Nabire, lewat Jalan Trans Papua Sugapa juga dibangun jalan menuju Kabupaten Paniai Enarotali,” tutur Bheny.

Menurut Bheny, ke depannya Pemkab membutuhkan dukungan dana dari pemerintah pusat  agar proses pembangunan jalan dan jembatan bisa terwujud, karena kalau hanya mengandalkan APBD sangat sulit. (Om Yan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed