oleh

Jokowi Ingin Beri Penghargaan Pada Tiga Siswa Penemu Obat Kanker Payudara

-Kesehatan-49 views

Jakarta, Radar Pagi – Jokowi ingin memberikan penghargaan kepada tiga siswa SMAN 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, bernama Yazid Rafly Akbar, Aysa Aurelia Maharani, dan Anggina Rafitri, yang menemukan manfaat akar kayu Bajakah sebagai obat kanker payudara.

Namun Jokowi belum bisa memastikan penghargaan apa yang akan ia berikan kepada ketiga siswa itu. Namun dia memastikan pemerintah siap mendukung penemuan ketiganya agar bisa ditindaklanjuti dengan serius.

“Itu kan baru nanti ada tindak lanjutan menuju ke sebuah penelitian yang lebih detail,” kata Jokowi usai meninjau persiapan sidang tahunan MPR, DPR, DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Jokowi menilai riset yang dilakukan anak-anak ini merupakan penemuan besar. Rencananya mereka akan diundang ke Istana.

Dalam literatur dari Peneliti David Su Indigenous People of Central Kalimantan disebutkan bahwa bajakah dalam bahasa Dayak Ngaju artinya ‘akar akaran’ dalam bahasa Maanyan disebut ‘wakai’ yaitu ratusan spesies tumbuhan pembelit-pemanjat di hutan hujan Kalimantan.

Pemanfaatan bajakah untuk obat kanker sudah dilakukan oleh masyarakat Dayak Ngaju sejak ratusan tahun silam. Namun untuk membuktikan manfaatnya sebagai anti kanker masih harus dilakukan penelitian yang panjang. (maria)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed