oleh

Dikbud Seram Bagian Barat Gandeng Badan POM Maluku Sosialisasi Kantin Sehat di Sekolah

Maluku, Radar Pagi – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada guru tingkat SD dan Madrasah di Piru, Kamis (15/8/2019). Dalam kegiatan ini, pihak Dikbud SBB menggandeng Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi  Maluku.

Dihadirkannya pihak BPOM dalam Bimtek ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para guru bahwa  kantin sekolah adalah garda terdepan dalam mengontrol jajanan siswa-siswi di sekolah.

“Kantin itu tidak perlu mewah asalkan makanan yang disediakan memenuhi unsur keamanan dan kesehatan. Untuk mewujudkan kantin yang sehat itu apabila ada koordinasi antara  pihak sekolah dengan Dinas Dikbud agar semua kekurangan dan kebutuhan sekolah dapat diketahui. Untuk itu, data kantin harus jelas agar semua program yang dicanangkan tepat sasaran,” ujar Kepala Dinas Dikbud SBB, Mashudin Sangadji saat memberikan materi Bimtek.

Sementara itu, Ahli Muda BPOM Maluku M.Viva mengatakan, September nanti pihaknya akan melakukan pengecekan lapangan untuk menguji dan memastikan makanan yang dijual di kantin-kantin. “Pihak BPOM September depan akan mengecek kantin sekolah mana yang sudah memenuhi unsur kesehatan pangan, dan apabila ditemukan ada kantin yang menjual makanan yang tidak sehat, maka akan langsung ditindak,” tegas Viva.

Sedangkan PMF Ahli Pertama BPOM Maluku, Indrayani Hardi, mengingatkan para guru agar teliti dalam membeli produk-produk pangan yang dijual oleh pedagang dari Kota Ambon, sebab sering terjadi ada produk yang sudah lewat masa produksi/kadaluarsa yang masih dijual di pasaran.

Dia berharap adanya pembentukan tim keamanan pangan sekolah, dan mengingatkan perlunya partisipasi aktif dari pihak sekolah dalam mengecek pembelian produk makanan.

“Dapat dicek dengan beberapa trik, sesuai motto BPOM, yaitu cek LIK (Lebel, Izin, Kadaluarsa),” katanya.

Kegiatan Bimtek ini dihadiri oleh para guru dari 25 sekolah yang ada di SBB. (Jabar)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed