oleh

Hanura Raih Kursi Terbanyak di DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat

Maluku, Radar Pagi – Rapat Pleno terbuka  penetapan perolehan kursi dan  calon anggota DPRD tepilih Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB)  Periode 2019-2024 oleh KPU Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) berlangsung di Aula Lantai II Hotel Amboina Piru, Selasa (13/8/2019).

Rapat pleno terbuka tersebut dipimpin langsung Ketua KPU Kabupaten SBB, Syarif Hehanussa, dengan didampingi oleh Zefnath Laturumakina, (Divisi Hukum), Abd. Haris Kaliky, (Divisi Teknis), Upang Djalal, (Divisi  SDM), Abuani Kasilaya, (Divisi Program dan Data).

Zefnath Laturumakina, dalam arahanya  mengatakan  anggota DPRD terpilih yang  telah ditetapkan oleh KPU  pada hari ini  bisa dibatalkan dan tidak dilantik jika caleg terpilih tersandung masalah hukum dan ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana korupsi.

“Saya ingin sampaikan kepada semua caleg terpilih yang telah ditetapkan hari ini,  jika  caleg yang sudah ditetapkan,  melakukan perbuatan melanggar  hukum Tipikor  dan ditetapkan sebagai tersangka, maka dapat ditunda sampai menunggu putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap, tidak bisa dilantik sebagai anggota DPRD,” ujar  Laturumakina.

Lanjut Laturumakina,  jika putusan pengadilan Caleg terpilih  berstatus terpidana maka KPU akan usulkan pemenang kedua pada partai  tersebut yang akan dilantik sebagai pengganti.

Untuk diketahui, jumlah kursi DPRD SBB sebanyak 30 kursi, dimana partai yang memiliki memiliki kursi terbanyak yakni Partai HANURA (5 kursi).

Berikut susunan perolehan kursi DPDR Kabupaten SBB Periode 2019-2024 :

  1. Partai Hanura (5 kursi)
  2. PDI Perjuangan (4 kursi)
  3. Partai Gerindra (4 kursi)
  4. Partai Nasdem (4 kursi)
  5. PKB (3 kursi)
  6. Partai Demokrat (3 kursi)
  7. PAN (3 kursi)
  8. Partai Golkar (2 kursi)
  9. PKS (1 kursi) dan
  10. Partai Perindo (1 kursi).

Penetapan Perolehan ke-30 anggota DPRD SBB terpilih Periode 2019 – 2024 berdasarkan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Nomor: 33/Hk.03.1/Kpt/8106/KPU-Kab/Vlll/2019, yang dibacakan oleh Divisi Teknis & Humas KPU SBB Abdul Haris Kaliky.

Turut hadir dalam rapat ini, Kesbanpol Kabupaten SBB. H.Sa’aban Patty,  Ketua Bawaslu Kabupaten SBB Hijra Tangkotta, Ketua-ketua  Partai Politik, Kabag Ops Polres SBB  AKP Goleng, Caleg Terpilih dan undangan lainnya. (jabar)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed