oleh

Ketua MPR dari Partai Koalisi, Impian Gerindra Dipastikan Terkubur

-Utama-226 views

Jakarta, Radar Pagi – Posisi Ketua MPR periode 2019-2024 akan diberikan ke kader partai koalisi pengusung Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin. Alasannya, mayoritas di parlemen adalah bagian dari koalisi pendukung pemerintah.

Kepastian ini dilontarkan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. “Pasti koalisi pemerintahan jadi satu paket,” kata Pramono Anung di Istana Negara, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Untuk posisi Ketua MPR, berdasarkan UU MD3 (MPR, DPD, DPR dan DPRD), adalah peraih lima besar suara pemilu legislatif. Maka PDIP adalah ketuanya, namun bisa saja berubah bila suara partai koalisi berkehendak lain.

Dengan begitu, keinginan partai di luar koalisi seperti Gerindra untuk mengambil MPR 1 semakin sulit, sebab partai koalisi akan menentukan satu suara untuk posisi Ketua MPR ini.

“Namanya juga (Gerindra) minta kan boleh-boleh saja. Tapi koalisi pemerintahan pasti akan bulat menentukan satu suara, karena suara kita di DPR itu 62 persen,” kata Pramono.

Saat ini, dua partai koalisi pemerintah yakni PKB dan Golkar terlihat ingin menjadi ketua MPR karena raihan suara terbanyak di pemilu legislatif setelah PDIP. (safrizal)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed