oleh

Perempuan Bacok Suami Karena Bosan Diajak Hubungan Intim, Hati-hati Sindrom Baby Blues

-Anehsiana-1.767 views

Sukabumi, Radar Pagi – Aminah (43) perempuan asal Kampung Ciherang, Desa Gunung Malang, Sukabumi, Jawa Barat, tega membacok suaminya sendiri, Maman (47) dengan kapak hingga luka parah. Penyebabnya Aminah kesal karena Maman sering merengek minta jatah hubungan seks.

Aminah melakukan aksi kejinya pada Minggu  (14/7/2019) kemarin, saat Maman sedang tidur. Akibatnya Maman menderita luka di bagian kepala, leher, bawah ketiak, pipi, dan punggung. Saat ini Maman masih dirawat di RSUD Sekar Wangi, Cibadak, Sukabumi.

“Keterangan sementara, istrinya ini baru melahirkan dua bulan, Tapi suaminya itu terus merayu dan minta dilayani dan akhirnya dilakukan (pembacokan),” ujar Kapolsek Cikidang AKP Sunarto, beberapa saat lalu.

Ironisnya, dari pengakuan Maman, sang istri sebenarnya telah membacok dia dua kali. Yang pertama dilakukan sehari sebelum terjadi pembacokan kedua. Namun karena luka yang diderita di bagian atas telinga tidak parah, Maman tidak mau menceritakan peristiwa tersebut kepada orang lain.

“Korban sempat menutupinya kepada keluarga dan mengaku luka di atas telinganya disebabkan serangan orang tak dikenal pada Sabtu 13 Juli dini hari,” kata Sunarto.

Barulah saat terjadi pembacokan kedua, korban tak lagi bisa mengelak dari kejadian memalukan ini lantaran lukanya parah hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Kasus Aminah sendiri kini dikawal oleh Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Sukabumi.

Pemeriksaan kejiwaan oleh tim medis dari RSUD Mekarwangi menyebut kalau Aminah mengalami depresi berat yang disebabkan oleh sindrom baby blues yang kerap menyerang wanita pasca melahirkan.

Apa Itu Sindrom Baby Blues?

Baby blues syndrome juga dikenal sebagai postpartum blues atau postpartum distress syndrome adalah perasaan sangat sedih di hari-hari awal setelah bayi lahir. Perasaan ini sering hinggap pada sebagian besar ibu yang baru melahirkan.

Jika perempuan baru saja melahirkan dan merasa mudah menangis, mudah tersinggung, dan sedikit tertekan, kemungkinan besar mengalami sindrom baby blues. Diperkirakan sebanyak 50 – 80% dari ibu yang baru melahirkan mengalami baby blues.

Gejala dari Baby blues syndrome itu sendiri adalah:

  1. Menangis tanpa alasan yang jelas,
  2. Merasa mudah kesal,
  3. Cepat merasa lelah,
  4. Tidak percaya diri,
  5. Mudah tersinggung,
  6. Sulit tidur/istirahat,

Semua gejala di atas bisa dirasakan sekaligus atau bisa juga hanya 1-2 gejala saja. Penyebabnya adalah hormon yang dibutuhkan untuk melahirkan akan berkurang setelah proses persalinan selesai, tetapi hormon lainnya yang diperlukan untuk memproduksi ASI akan meningkat. Perubahan hormon ini akan memberikan efek yang besar dari segi emosional ibu.

Ditambah dengan adanya tanggung jawab baru untuk merawat bayi, beberapa wanita sedikit kewalahan dengan perubahan ini, sehingga menimbulkan kelelahan fisik maupun mental.

Biasanya ibu baru melahirkan mengalami sindrom baby blues dalam 14 hari pertama setelah melahirkan, dan saat terburuk adalah 3 atau 4 hari sesudah kelahiran. Bila setelah dua minggu gejala terus berlanjut bahkan ditambah dengan perasaan cemas/panik tanpa sebab yang jelas, maka sebutannya bukan baby blues lagi, melainkan postpartum depression. (maria)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed