oleh

Mahfud MD: Pemerintah Tidak Usir Rizieq Shihab

Jakarta, Radar Pagi – Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD berpendapat pemerintah tidak ada kaitannya dengan kepergian Rizieq Shihab ke Arab Saudi karena pentolan FPI itu meninggalkan Indonesia karena inisitif sendiri.

“Dan pemerintah menyatakan ya pulang aja, wong dia dulu pergi bukan karena diusir oleh pemerintah, pergi sendiri,” kata Mahfud MD usai mengikuti Seminar Nasional bertema Quo Vadis Demokrasi Pasca Pemilu 2019 Tinjauan Filsofis Sosiologis dan Yuridis di Universitas Islam Kediri, Minggu (14/07/2019).

Selain itu, Mahfud menilai sebagai WNI Rizieq berhak pulang ke tanah air. Namun apabila memiliki persoalan hukum, maka harus tetap dipertanggung jawabkan.

“Habib Rizieq itu warga negara, yang punya hak pulang. Cuma kalau ada masalah hukum, ya tetap dipertangung jawabkan,” tuturnya.

Mahfud tidak setuju bila masalah hukum yang membelit Rizieq dihapus, karena akan jadi preseden buruk bagi penegakan hukum di Indonesia.

“Semua orang nanti minta seperti itu. Saya kira Habib Rizieq kalau punya masalah hukum tetap harus dipertanggung jawabkan di depan hukum,” tegasnya.

Terkait ocehan kuasa hukum Rizieq bahwa pemerintah Arab Saudi menjatuhkan denda karena visa Rizieq telah melewati batas waktu, Mahfud menyebut sesuai peraturan di Arab Saudi, jika ada warga negara asing sudah dinyatakan over stay, biasanya akan langsung dipulangkan.

“Di situ ada ratusan orang Indonesia yang over stay tidak punya visa, itu antri dipulangkan saja, tidak bayar. Tergantung hukum Arab Saudi saja,” ucapnya. (maria)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed