oleh

Bupati Natalis Tabuni Kembali Tinjau Langsung Pelaksanaan Tes CPNS Kab. Intan Jaya di Nabire

Nabire, Radar Pagi – Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni, SS, M.Si kembali meninjau langsung tes penerimaan CPNS Formasi 2018 yang digelar di Aula SMaN 1 Nabire, Selasa (9/7/2017). Turut serta dalam rombongan Bupati, antara lain Kepala BKD Intan Jaya, Apolos Iba, S.Sos, M.Si.

Kedatangannya selain untuk melihat langsung kondisi jalannya tes penerimaan apakah sudah sesuai aturan yang berlaku, juga dimaksudkan agar putra-putri asli Papua, terutama warga asli Intan Jaya, bisa sebanyak mungkin lolos sebagai CPNS.

“Saya berharap putra-putri asli Papua, terutama putra-putri Kabupaten Intan Jaya bisa sebanyak mungkin lolos tes ini, supaya bisa bersama-sama membangun tanah kelahiran,” kata Bupati kepada RadarPagi.

Bupati berharap demikian karena selama ini warga asli Papua, khususnya Intan Jaya, masih banyak yang gagal lolos tes CPNS.

Sebanyak 1.400 peserta mengikuti tes CPNS Formasi Tahun 2019, yang  dilaksanakan dari tanggal 4-9 Juli 2019. Nantinya hanya 407 formasi yang akan diterima.

Dari jumlah 407 itu, 80% alokasi formasi untuk orang asli Papua dan 20% alokasi formasi untuk orang non Papua. Tetapi jika tidak ada orang asli Papua melamar, maka kekurangan dari kuota 80% tadi dapat dilamar oleh peserta orang non Papua.

Sementara pada formasi untuk orang non Papua, bisa dilamar oleh orang asli Papua dan non Papua. Kebijakan tersebut diberlakukan agar putra daerah asli Papua bisa sebanyak mungkin berkarya membangun daerah.

“Formasi untuk orang asli Papua hanya bisa dilamar oleh orang asli Papua yang dibuktikan dengan KTP dan KK orang tua,” kata Bupati.

Dia menjelaskan, kategori orang asli Papua adalah ayah dan ibu asli Papua atau ayah asli Papua sedangkan ibu non Papua. (Om Yan)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed