oleh

Resep Bubur Cirebon, Diberi Topping Taoge dan Kol

-Kuliner-28 views

Bubur berasal dari negeri Cina. Diceritakan, pada tahun 238 SM, negeri Tiongkok dilanda kemarau berkepanjangan. Akibatnya panen gagal dan makanan susah didapat. Kaisar Shih Huang Ti yang sedang berkuasa pun berpikir bagaimana caranya agar nasi yang cuma ada sedikit bisa dimakan banyak orang.

Pada saat makan, Kaisar menuangkan sop panas ke atas nasi. Setelah itu dia menyadari bahwa nasi bila disiram dengan kuah panas akan menjadi mengembang dan terasa lebih lembut.

Kaisar Shih pun mendapatkan ide. Dia meminta juru masak untuk memasak beras dengan banyak air sampai menjadi hancur agar bisa dimakan oleh banyak orang.

Bubur kemudian dibawa para perantau Cina ke seluruh penjuru dunia, termasuk ke Indonesia. Beragam variasi bubur pun muncul. Salah satunya adalah bubur Cirebon.

Namun meski mengusung nama daerah, resep bubur Cirebon tidak ada yang benar-benar sama, sehingga rasanya pun berbeda-beda tergantung resep yang digunakan masing-masing pembuatnya.

Agar bubur putih terasa gurih, ada yang menambahkan kaldu ayam dan garam saat memasak bubur, tetapi ada pula yang menambahi bubur hanya dengan bawang putih dan garam.

Ada juga yang menambahkan jahe dan santan pada kuahnya, sementara lainnya menggunakan jahe dan kemiri. Lainnya tidak menggunakan santan, jahe, dan kemiri sama sekali. Sehingga bisa dipastikan tidak ada resep bubur Cirebon yang sama.

Berikut salah satu resep bubur Cirebon:

Bahan bubur:
1/4 kg beras
2 1/2 liter kaldu ayam
1 sdm garam

Bahan kuah:
1 ekor ayam, potong 4 bagian
2 liter air
1/4 sdt merica bubuk
2 sdm garam
2 batang seledri, ikat

Bumbu halus:
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 cm kunyit, bakar

Bahan pelengkap:
100 gram kol, iris kasar, seduh
100 gram taoge, seduh
50 gram soun, seduh
1 batang daun bawang, iris halus
3 sdm bawang goreng untuk taburan
1 sdm kecap manis

100 gram kerupuk kerupuk atau emping.

Cara membuat: 

Bubur: Rebus beras, garam dan air sambil diaduk hingga kental dan matang.

Kuah: Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan ayam ke dalam tumisan. Aduk hingga berubah warna. Tambahkan kaldu ayam, garam, merica bubuk dan pala bubuk. Rebus sambil diaduk pelan hingga kuah mendidih, baru tambahkan daun seledri. Aduk rata.

Angkat ayam dari kuah. Goreng lagi daging ayam itu sebentar saja. Suwir-suwir daging ayam.

Cara penyajian:

Sajikan bubur di mangkuk, siram dengan kuah. Tambahkan bahan pelengkap lalu beri suwiran ayam yang sebelumnya sudah disiapkan. ***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed