oleh

Polri Nyatakan Belasungkawa Atas Meninggalnya Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho

-Utama-43 views

Jakarta, Radar Pagi – Polri menyatakan belasungkawa atas meninggalnya Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

“Inalilahi wainalilahi rojiun, kami kepolisian republik Indonesia, khususnya saya Kadiv Humas dan Humas seluruh Indonesia turut berduka cita dan berbela sungkawa atas meninggalnya almarhum bapak Sutopo Kepala Pusat Data dan Humas BNPB,” kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen M Iqbal kepada wartawan di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (7/6/2019).

Iqbal menilai Sutopo sangat berdedikasi dalam menjalankan tugas, tidak kenal lelah walau dalam kondisi sakit. Hal itu sangat memberi inspirasi bagi dirinya.

“Sosok beliau sangat menginspirasi, khususnya bagi saya,” ujar Iqbal.

Sebagai humas BNPB, kata Iqbal, Sutopo seolah tidak mengidap penyakit, dan selalu bersedia menjawab pertanyaan wartawan.

“Saya kan mengidolakan almarhum, almarhum melayani dan menanggapi teman teman media tanpa kenal lelah, semua data dan informasi yang dibutuhkan itu diberikan, dia humas sejati, saya Kadiv Humas (Polri) pun jauh dari almarhum dedikasinya,” tutur Iqbal.

Sutopo didiagnosis pada awal Desember 2017. Namun terus bekerja menyampaikan kabar terkait bencana alam, sebelum akhirnya dia terbang ke Guangzhou, Cina, pada Juni 2019 karena harus dirawat intensif. Pada Minggu (7/7/2019) dinihari sekitar pukul 02.00 waktu setempat, Sutopo mengembuskan napas terakhir.

Jenazahnya akan dipulangkan dari Cina hari ini dan ajkan dimakamkan di Boyolali, Jawa Tengah. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) j memfasilitasi pemulangan jenazah Sutopo. KJRI di Guangzhou saat ini tengah melakukan proses untuk pemulangan jenazah.

“Untuk pemakaman, permintaan dari bapak-ibu pak Topo itu dimakamkan di Boyolali. Permintaan Pak Topo sendiri dimakamkan di Pondok Ranggon. Jadi istrinya pak Topo mengikuti keinginan dari orangtua Pak Topo, jadi opsi pertama adalah di Boyolali,” kata Kepala BNPB Doni Monardo saat dihubungi, Minggu (7/7/2019).

Doni mengatakan BNPB telah berusaha maksimal demi kesembuhan Sutopo hingga mengirim Sutopo ke Cina. “Pak Topo diberangkatkan ke Guangzou karena beberapa pasien kanker itu sembuh di Guangzhou, setelah melewati beberapa tahun pengobatan di Jakarta, di beberapa rumah sakit,” ungkapnya. (safrizal)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed