oleh

Apes Bener! Tuhan Ditipu Nenek-nenek, Duit 900 Ribu Amblas

-Anehsiana-1.101 views

Surabaya, Radar Pagi – Seharusnya Tuhan itu dipuja-puja, tapi seorang nenek di Lumajang, Jawa Timur malah menipu Tuhan. Alhasil duit Tuhan senilai Rp900 ribu pun amblas.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban menjelaskan, seorang nenek bernama Dwi Retno (56) menipu pria bernama Tuhan (39) yang tinggal di Desa Bago, Kecamatan Pasirian.

“Jadi beberapa hari lalu, Retno mencari laki-laki untuk menemani dirinya jalan-jalan. Ia kemudian dikenalkan pada Tuhan yang tidak memiliki istri,” kata AKBP Arsal mengulang cerita seorang saksi bernama Kholifah, Sabtu (29/6/2019).

Arsal melanjutkan, kepada Tuhan Retno mengaku memiliki tambang batu bara di Kalimantan, hotel di Banyuwangi dan tabungan sebanyak Rp 15 miliar. Apa yang disampaikan Retno membuat Tuhan percaya lantaran wanita paruh baya itu berlaku sangat dermawan seperti orang kaya.

“Jadi si perempuan ini menunjukkan kalau dia royal. Dia membelikan makanan untuk banyak orang,” ujar Arsal.

Retno kemudian mengiming-imingi Tuhan dengan uang Rp 5 juta. Uang itu akan diberikan jika Tuhan mau menemani kemana ia mau.

Namun seiring waktu berjalan, Retno justru meminjam uang pada Tuhan dengan alasan duit di dompetnya habis. Dia berjanji akan menggantinya dan honor Rp5 juta yang dijanjikan tetap akan dibayar utuh.

“Nanti uang Mas saya ganti. Tapi uang yang Rp5 juta tetap utuh buat Mas,” ujar Tuhan, korban penipuan.menirukan kata-kata Retno.

Pertama, Retno meminjam Rp 900 ribu. Tuhan pun memberikannya tanpa rasa curiga. Uang Rp 900 ribu itu dipakai Retno untuk membeli buah, ikan matang, kue camilan. Anehnya belanjaan tersebut kemudian Retno bagikan pada siapa saja. Bukan untuk dia konsumsi.

“Habis 620 (ribu rupiah). Pulang (ke rumah). Setiap orang disuruh makan belanjaan tadi,” ujar Tuhan.

Setelah duit sisa dari Rp900 ribu habis, si nenek berhutang lagi Rp1 juta. Karena tidak punya uang lagi, Tuhan pun mencarikan hutangan ke temannya. Uang itu kemudian diberikan kepada nenek, lagi-lagi tanpa rasa curiga.

Tuhan mengaku semangat mencari pinjaman karena melihat uang Rp 5 juta yang hampir di depan mata. Kala itu Retno memberitahu Tuhan kalau sudah ada seseorang yang mengirimi dirinya uang. Sehingga Tuhan berpikir upahnya menemani Retno akan segera cair.

Namun Tuhan mulai curiga setelah melihat Retno meminjam ponselnya dan berpura-pura menelepon orang lain, padahal Tuhan tahu ponselnya sedang dalam kondisi dimatikan.

Si nenek Retno pun asyik mengobrol dengan orang itu melalui ponsel mati dan inti pembicaraannya soal pengiriman uang dari seseorang untuk dirinya.

“Retno menelepon seseorang menggunakan handphone Tuhan yang belum nyala. Tuhan curiga,” kata AKBP Arsal.

Saat berita ini diturunkan, Retno masih ditahan di Polres Lumajang. Yang mengagetkan, ternyata korban Retno bukan cuma Tuhan seorang.

“Banyak yang mengaku menjadi korban penipuan Retno dari berbagai daerah,” pungkas AKBP Arsal. (sun/bdh/dtc/igo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed