oleh

Manfaat Jus Tomat untuk Cegah Kanker dan Usir Darah Tinggi

-Kesehatan-69 views

Jakarta, Radar Pagi – Hipertensi (HTN) atau tekanan darah tinggi, kadang-kadang disebut juga dengan hipertensi arteri, adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah.

Hipertensi (HTN) atau tekanan darah tinggi, kadang-kadang disebut juga dengan hipertensi arteri, adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah.

Hipertensi adalah faktor risiko utama untuk stroke, infark miokard (serangan jantung), gagal jantung, aneurisma arteri (misalnya aneurisma aorta), penyakit arteri perifer, dan penyebab penyakit ginjal kronik. Bahkan peningkatan sedang tekanan darah arteri terkait dengan harapan hidup yang lebih pendek.

Hipertensi jarang menunjukkan gejala kecuali bila sudah parah. Namun beberapa orang dengan tekanan darah tinggi melaporkan sakit kepala (terutama di bagian belakang kepala dan pada pagi hari), serta pusing, vertigo, tinitus (dengung atau desis di dalam telinga), gangguan penglihatan atau pingsan.

Merokok, minum kopi, banyak makan berlemak atau bersantan, konsumsi gorengan, konsumsi garam berlebih, stres, kurang tidur, dll dapat memicu terjadinya hipertensi.

Untuk mencegah timbulnya hipertensi atai bila anda terlanjur mengalami kondisi tersebut, anda harus menghindari faktor pemicu terjadinya hipertensi, misalnya mengurangi konsumsi garam, berhenti minum kopi, kendalikan beban pikiran, dll.

Pada saat bersamaan anda harus meningkatkan pola hidup sehat, seperti melakukan olahraga dengan intensitas rendah sampai sedang, misalnya jalan kaki atau bersepeda santai 3-5 kali seminggu dengan durasi 30-45 menit sekali latihan. Bisa juga mencoba melakukan meditasi, yoga, taichi, chikung dll yang terbukti efektif untuk menenangkan pikiran.

Anda juga dapat mengkonsumsi jus tomat 1 gelas sehari, namun jangan menambahkan gula atau pemanis lainnya karena manfaat kesehatannya bisa berkurang atau bahkan hilang.

Tomat diketahui memiliki segudang manfaat untuk mencegah timbulnya penyakit. Bukan hanya hipertensi, namun juga kanker.

Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel secara tidak terkendali, yang memiliki kemampuan untuk menyusup dan merusak sel-sel sehat di dalam tubuh.

Setiap sel tubuh memiliki pusat pengendali yang bernama nukleus. Nukleus terdiri serangkaian rantai DNA yang berfungsi sebagai pengatur sifat dan cara kerja masing-masing sel, termasuk untuk membelah diri.

Ada banyak jenis kanker dan hampir semuanya mematikan. Lebih bagi anda mencegah penyakit ini sejak dini ketimbang mengobatinya.

Ini 10 manfaat konsumsi tomat:

Mencegah Kanker

Tomat adalah sumber kuat antioksidan dan vitamin C yang membantu melawan radikal bebas melawan kanker. Kandungan lycopene yang tinggi pada tomat membantu mencegah kanker.

Melindungi Jantung Anda

Tomat mengandung kolin, potassium, serat dan vitamin C yang membantu meningkatkan fungsi jantung. Asupan kalium yang tinggi efektif dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Inilah salah satu manfaat kesehatan tomat terbaik.

Mencegah Diabetes

Kandungan serat yang tinggi pada tomat membantu menurunkan risiko diabetes. Makanan kaya serat dalam tomat membantu dalam mengelola kadar insulin.

Bagus untuk kulit

Tomat mengandung vitamin C yang dibutuhkan untuk sintesis kolagen. Ini membantu menjaga agar kulit tetap kencang, meningkatkan elastisitas dan menyembuhkan luka bakar.

Mengurangi Depresi

Menghilangkan depresi dan stres merupakan salah satu manfaat utama tomat. Folat yang ditemukan dalam tomat membantu mengatasi depresi dengan mencegah penumpukan homosistein (asam amino dalam plasma darah) berlebihan.

Meningkatkan Penglihatan

Tomat mengandung beta karoten dan vitamin A yang penting untuk menjaga penglihatan dan juga mendukung fungsi retina.

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Tomat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat dengan menjaga sembelit dan diare. Ini juga membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh.

Melawan Peradangan

Untuk menghindari peradangan, Anda harus minum segelas jus tomat setiap hari. Ini membantu secara efektif dalam mengobati peradangan dan karenanya arthritis dan nyeri sendi. Inilah salah satu manfaat makan tomat.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Tomat sangat tinggi kandungan airnya dan karenanya mengurangi kemungkinan tertularnya infeksi saluran kemih.

Menurunkan tekanan darah

Jus tomat mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Sementara, dua hal tersebut yaitu tekanan darah tinggi.

 

Berikut cara membuat jus tomat:

Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Jus:

1) Dua buah tomat yang telah matang

2) 80 mili liter gula cair, air mineral secukupnya

3) Es batu seperlunya

4) Blender

 

Cara Mudah Mengolah Minuman Jus Tomat:

1) Bersihkan semua bahan dan kupas kulitnya.

2) Campurkan semua ke dalam blender dan proses sampai lembut.

3) Saring lalu tuangkan ke dalam gelas.

4) Sajikan segera

Setelah dibuat, sebaiknya minuman jus langsung diminum karena jika terlalu lama didiamkan maka kandungan vitamin dalam minuman jus akan dirusak oleh oksigen, akibatnya cita rasanya kurang nikmat dan juga manfaatnya berkurang.

Jus tomat sebaiknya diminum 30 menit sebelum makan agar penyerapanya lebih optimal, namun bila anda menderita gangguan lambung, jus tomat dapat dikonsumsi 30 menit sesudah makan. (dari berbagai sumber)

News Feed