oleh

Polisi Tangkap Lieus Sungkharisma

-Hukum-818 views

Jakarta, Radar Pagi – Aktivis keturunan Tionghoa,  Li Xue Xiung alias Lieus Sungkharisma, dibekuk tim Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya atas dugaan makar.

Lieus ditangkap di rumahnya di Jalan Keadilan, Jakarta Barat pada Senin (20/5/2019) pagi tadi. Polisi juga menggeledah rumahnya.

Dia dinilai tidak kooperatif karena dua kali mangkir dari panggilan penyidik untuk diperiksa sebagai saksi atas laporan seseorang bernama Eman Soleman terkait kasus dugaan penyebaran hoaks dan makar.

Laporan terhadap Lieus diterima dengan nomor laporan LP/B/0441/B/2019/Bareskrim tertanggal 7 Mei 2019.

“Panggilan pertama nggak hadir, panggilan kedua juga,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Senin (20/5/2019).

Namun, Argo masih belum menjelaskan secara detail penangkapan tersebut.  “Silakan (tanya) ke Krimum (Direktorat Kriminal Umum),” ujarnya.

Argo hanya menyebut bahwa pelaporan terhadap Lieus yang sebelumnya diproses oleh Bareskrim saat ini telah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya.

Sebelumnya, Lieus pernah mengatakan alasannya tak hadir karena belum memiliki pengacara. Dia  berharap bisa didampingi pengacara seperti Yusril Ihza Mahendra untuk menjadi kuasa hukumnya.

“Kalau Pak Yusril kan saya kenal lama. Kalau ada orang dizalimi kan beliau nomor satu tuh maju,” katanya.

Sayangnya, tidak ada respon dari Yusril Ihza Mahendra. Lieus pun ditangkap dengan tuduhan melanggar UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 14 dan/atau Pasal 15 terhadap keamanan negara/makar UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 107 jo Pasal 87 dan/atau Pasal 163 bis jo Pasal 107. (maria)

 

 

News Feed