oleh

Minum Air Dua Gelas Saat Bangun Tidur, Rasakan Manfaat Ajaib Ini

-Kesehatan-57 views

Jakarta, Radar Pagi – Saat tidur, tubuh memasuki mode perawatan. Otak memerintahkan organ dan jaringan dalam tubuh untuk memperbaiki kerusakan tubuh saat terjaga. Proses perbaikan ini menghasilkan residu alias sampah/racun. Minum dua gelas air hangat saat bangun tidur ternyata mampu membilas seluruh racun yang bila dbiarkan menumpuk dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit.

Dehidrasi yang berkepanjangan saat kita tidur malam misalnya, dapat menyebabkan rheumatoid arthritis, migrain, angina, kolitis, dispepsia, hipertensi, obesitas, wasir, kanker payudara, tuberkulosis paru, batu ginjal, sinusitis, dan kanker rahim.

Hal ini dikarenakan 70 persen tubuh Anda terdiri dari air. Bila kebutuhan air dalam tubuh tidak terpenuhi, maka tubuh akan menanggung sejumlah konsekuensi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang yang negatif.

Ketika Anda bangun, tubuh akan mengalihkan sebagian air dari jaringan ke usus besar untuk membantu membuang sampah yang menumpuk selama perbaikan pada malam sebelumnya. Di sini, minum air pada suhu kamar akan membantu tubuh Anda membuang racun-racun itu. Cara yang paling tepat melakukannya adalah dengan minum satu hingga dua gelas air pada suhu kamar atau lebih bagus lagi air hangat (bukan air panas seperti suhu ketika minum kopi), tidak lama setelah Anda bangun.

Air yang Anda minum setelah bangun tidur akan langsung masuk ke usus besar, membantunya membersihkan semua racun yang diangkut ke sana pada malam hari, dan dengan demikian membuang racun tersebut ketika buang air besar.

Sangat penting untuk tidak minum air dingin saat bangun tidur, karena justru bisa berdampak buruk bagi pencernaan. Tunggu sedikitnya 30-45 menit setelah minum air, barulah sarapan. Hal ini penting untuk memberi waktu pada air membersihkan racun yang terkumpul di usus besar.

Para ilmuwan telah membuktikan bahwa minum air dua gelas setelah bangun tidur dapat membantu mencegah dan meringankan berbagai macam masalah kesehatan. Sebut saja radang sendi, masalah jantung, epilepsi, obesitas, TBC, meningitis, penyakit ginjal, muntah, gastritis, sembelit, penyakit rahim, telinga, serta penyakit tenggorokan.

Kebanyakan perempuan di Jepang memiliki tubuh yang lebih langsing, sehat, dan kencang dibanding perempuan di negara lain. Diduga hal tersebut ada kaitannya dengan kebiasaan dan gaya hidup yang mereka jalani. Salah satunya adalah ritual minum air putih saat bangun tidur.

Dehidrasi, termasuk dehidrasi yang terjadi saat tidur malam, memang menyebabkan keriput dini. Ditemukan dalam sebuah studi bahwa minum 500 ml air pada saat perut kosong meningkatkan aliran darah di kulit dan membuat kulit bersinar.

Selain itu, minum lebih banyak air sepanjang hari berarti tubuh Anda semakin banyak mengeluarkan racun, yang akan membuat kulit Anda lebih bercahaya.

Kebiasaan minum air putih 2 gelas di pagi hari saat perut kosong juga bisa menghindarkan seseorang dari  gangguan kesehatan seperti obesitas, diabetes, gangguan menstruasi, dan penyakit terkait mata. (ria)

 

 

News Feed