oleh

Resep Pepes Jamur Tiram, Mudah, Murah, Sehat dan Enak

Menurut Wikipedia, jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung.

 

Jakarta, Radar Pagi – Di alam bebas, jamur tiram bisa dijumpai hampir sepanjang tahun di hutan pegunungan daerah yang sejuk. Untuk itu, saat ingin membudidayakan jamur ini, substrat yang dibuat harus memperhatikan habitat alaminya. Media yang umum dipakai untuk membiakkan jamur tiram adalah serbuk gergaji kayu yang merupakan limbah dari penggergajian kayu.

Jamur tiram merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori.

Komposisi dan kandungan nutrisi setiap 100 gram jamur tiram adalah 367 kalori, 10,5-30,4 persen protein, 56,6 persen karbohidrat, 1,7-2,2 persen lemak, 0.20 mg thiamin, 4.7-4.9 mg riboflavin, 77,2 mg niacin, dan 314.0 mg kalsium.

Kalori yang dikandung jamur ini adalah 100 kj/100 gram dengan 72 persen lemak tak jenuh. Serat jamur sangat baik untuk pencernaan. Kandungan seratnya mencapai 7,4- 24,6 persen sehingga cocok untuk para pelaku diet.

Jamur tiram juga mengandung 9 macam asam amino yaitu lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusin, isoleusin, histidin, dan fenilalanin.

Lemak dalam jamur tiram adalah asam lemak tidak jenuh sehingga aman dikonsumsi baik yang menderita kelebihan kolesterol (hiperkolesterol) maupun gangguan metabolisme lipid lainnya.

Jamur tiram juga memiliki berbagai manfaat yaitu sebagai makanan, menurunkan kolesterol, sebagai antibakterial dan antitumor, serta dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi.  Selain itu, jamur tiram juga dapat berguna dalam membunuh nematoda.

Jamur tiram ini memiliki manfaat lain yaitu dipercaya mempunyai khasiat obat untuk berbagai penyakit seperti penyakit lever, diabetes, dan anemia. Selain itu jamur tiram juga dapat bermanfaat sebagai anti kanker.

Berikut resep Pepes Jamur Tiram:

Bahan-bahan:
150 gram jamur tiram
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu iris:
4 siung bawang merah
3 buah cabe rawit merah
1/2 buah tomat
1 batang daun bawang
1 1/2 sdt kaldu bubuk
2 sdm minyak sayur

Cara membuat:
1. Suwir-suwir jamur lalu cuci bersih, lalu peras airnya tiris dan kering.
2. Dalam wadah, campur jamur, irisan bawang merah, cabe, tomat, daun bawang, minyak sayur, dan masako aduk rata. Bungkus dengan daun pisang dan kukus kira-kira selama 15 menit.
3. Setelah matang, bakar sebentar pepes jamur di atas kompor agar menadapatkan aroma wangi, lalu pepes jamur siap dihidangkan. ***

News Feed