oleh

Hari Ini Distrik Tomosiga di Intan Jaya Papua Gelar Pemilu Susulan

Intan Jaya, Radar Pagi – Tujuh dari delapan distrik di Kabupaten Intan Jaya, Papua, telah berhasil menggelar Pemilu. Satu distrik lainnya, Distrik Tomosiga, saat berita ini diturunkan Selasa (23/4/2019) siang, sedang melaksanakan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Sekretaris Desk Pemilu Kabupaten Intan Jaya, Nenu Tabuni, kepada RadarPagi menjelaskan, pelaksanaan Pilpres dan Pileg Kabupaten Intan Jaya dilaksanakan pada 18 April 2019, terlambat 1 hari dibanding jadwal nasional 17 April 2019.

“Karena ada dua kendala. Pertama, keterlambatan distribusi logistik oleh penyelenggara, dan kedua karena faktor cuaca menyebabkan distribusi logistik di delapan distrik mengalami kesulitan,” kata Nenu di Intan Jaya, Selasa (23/4/2019).

Menurut Nenu, beberapa distrik di Intan Jaya dapat menggelar pelaksanaan pilpres dan pileg dengan aman, tanpa ada keributan atau gangguan dari pihak lain. Distrik-distrik tersebut adalah Distrik Agisiga, Ugimba, dan Mbiandoga.

Namun untuk Distrik Homeyo, kata Nenu, terjadi keributan pada 18 April 2019, dan pelemparan batu oleh masyarakat masing-masing pendukung para caleg DPRD, tetapi situasi dapat dikendalikan sehingga pilpres dan pileg dapat digelar dengan baik dan aman.

“Sementara untuk Distrik Sugapa, pada 18 April 2019 terjadi pelemparan batu dan panah di Kampung Titigi. Dalam insiden ini salah satu Caleg DPRP Provinsi Papua dari Partai PAN atas nama Aner Maizeni dipukul oleh massa hingga babak belur. Namun pelaksanaan pilpres dan pileg akhirnya dapat berjalan baik dan aman terkendali,” ujar Nenu.

Gangguan paling parah terjadi di Distrik Wandae karena pada 18 April 2019 malam hari sekitar pukul 23.30 orang yang tidak dikenal membakar semua kotak suara sekaligus surat suara di dalamnya. Namun permasalahan itu bisa diatasi dengan baik sehingga pemilu tetap digelar pada Jumat (19/4/2019).

Sedangkan untuk Distrik Tomosiga, sambung Nenu, logistik yang dikawal aparat keamanan sudah sampai pada 18 April 2019, namun para penyelenggara PPD tingkat Distrik Tomosiga terlambat datang ke lokasi karena kendala penerbangan.

Dia menjelaskan, sesuai tahapan jadwal oleh penyelenggara bahwa  perhitungan dan rekapan di tingkat TPS, KPPS, dilaksanakan mulai 18-22 April dan Rekapan tingkat PPD di tingkat Distrik dilaksanakan pada 22-23 April 2019. Dan selanjutnya di tingkat KPU setelah Rekapan tingkat 8 distrik masuk di Ibukota Kabupaten Intan Jaya, Kota Sugapa.

Nenu berharap agar saat rekapitulasi akhir di tingkat KPU Kabupaten Intan Jaya berjalan aman tanpa menimbulkan konflik.

“Marilah kita berdoa dan berharap agar saat rekapitulasi akhir berjalan aman tanpa menimbulkan konflik berkepentingan oleh para politikus atau para caleg dari masing-masing partai politik di Intan Jaya,” katanya. (Om Yan)

News Feed