oleh

Jokowi Akan Bangun MRT di Bandung, Surabaya dan Medan

-Ekonomi-207 views

Jakarta, Radar Pagi – Presiden Jokowi berencana membangun Mass Rapid Transit (MRT) di kota-kota besar lainnya seperti Bandung, Surabaya, dan Medan.

“Akan kita coba yang (jalan rayanya) sudah mulai macet di kota-kota, terutama ibukota provinsi yang mulai macet. Sebentar lagi kita akan masuk ke Bandung, Surabaya, Medan,” kata Jokowi usai mencoba MRT Statiun Bundaran Hotel Indonesia-Lebak Bulus Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Jokowi tak ingin pembangunan moda transportasi massal di daerah lain tertinggal, seperti nasib DKI Jakarta dahulu. Untuk itu, saat ini pemerintah akan menyiapkan transportasi yang menghubungkan wilayah Jabodetabek.

“Tadi sudah kita sepakati dengan Pak Gubernur DKI Jakarta, dengan Gubernur Jawa Barat, Wali Kota Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan. Sepakat bahwa kita akan membentuk entitas baru,” jelas Jokowi.

Dia pun mengaku senang dengan tingginya antusiasme masyarakat dalam menyambut Mass Rapid Transit atau Moda Raya Transportasi (MRT) Jakarta, yang rencananya akan resmi beroperasi pada Minggu (24/3/2019) mendatang.

“Kita senang bahwa MRT di sambut dengan antusias, kita harapkan kedepan penggunaan semuanya masuk sini semua, orang menggunakan MRT semuanya. Ini budaya baru yang harus mulai kita biasakan,” kata Jokowi.

Pada peresmian ini sekaligus akan dilakukan ground breaking fase berikutnya untuk Selatan – Utara, dan sekaligus akan dipercepat Timur – Barat.

Dengan peresmian nanti, Presiden mengajak masyarakat pengguna mobil pribadi atau sepeda motor untuk mulai beralih ke MRT yang sangat nyaman ini.

“Nanti kalau semuanya sudah 230 km seluruh DKI dan Jabodetabek, nanti Gubernur DKI akan menerapkan Electronic Road Pricing, sehingga mau tidak mau, kita paksa pemilik-pemilik mobil beralih moda raya transportasi ini,” tegas Presiden.

Mengenai tarif MRT, Jokowi mengatakan, bahwa keputusan ini ada di Gubernur dan DPRD. Ia berharap keputusan soal tarif ini bisa keluar  sebelum peresmian.

MRT Jakarta membuka uji coba publik sepanjang 16 kilometer mulai 12-23 Maret 2019. Jalur yang dilalui adalah Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Lalu enam stasiun bawahnya yakni Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas serta Bundaran HI. (jar)

News Feed